Sukses

Gelombang Panas Australia Capai 35 Derajat Celsius

Gelombang panas melanda sebagian wilayah tenggara Australia. Tak hanya di siang hari, bahkan pada malam hari suhu panas mencapai 32 derajat Celsius.

Liputan6.com, Melbourne: Gelombang panas kini melanda sebagian wilayah tenggara Australia. Di Kota Melbourne, suhu udara mencapai 32 derajat Celsius. Suhu tersebut adalah yang terpanas pada malam hari di Melbourne sejak Febuari 2002. Bagi banyak warga, berada di luar ruangan lebih sejuk dibanding di dalam apartemen. Mereka pun akhirnya memilih bersantai di pantai atau kolam renang.

Bahkan saking panasnya suhu udara, beberapa gardu listrik di Melbourne, Selasa (12/1) waktu setempat, rusak. Akibatnya, lebih dari 30 ribu warga mengalami pemadaman listrik. Tak hanya itu, jaringan kereta Melbourne pun mengalami dampak suhu panas. Sebanyak 140 layanan dibatalkan pada Senin malam. Sementara siang tadi, beberapa kereta juga mengalami kerusakan pada sistem penyejuk udara.

Gelombang panas juga mencapai Kota Sydney, Australia, Selasa ini dengan suhu mencapai 39 derajat Celsius. Sementara sebagian wilayah Negara Bagian Victoria, New South Wales, dan Australia Selatan diberlakukan status waspada kebakaran semak dan hutan.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.