Sukses

Kembangkan Ekonomi Digital, Bank Indonesia Gelar Hackathon 2024

Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia resmi meluncurkan perlombaan yang bertajuk “Bank Indonesia Hackathon 2024” di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Senin (29/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan perlombaan yang bertajuk “Bank Indonesia Hackathon 2024” di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Senin (29/4/2024). Mengusung konsep bertajuk “Artificial Intelligence & Machine Learning for Digital Economy and Finance in Indonesia”, BI mengundang pegiat di bidang teknologi bersama pelaku usaha industri perbankan untuk mencari solusi dan menjawab tantangan yang muncul dalam digitalisasi keuangan Indonesia. 

Peluncuran lomba ini dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta serta Asisten Gubernur dan Kepala Bagian Kebijakan SIstem Pembayaran Bank Indonesia, Dicky Kartikoyono.

Tidak hanya itu, acara yang dipandu oleh Danzel Vrilla ini juga memiliki sesi keynote speech yang disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, serta seminar bersama ketua divisi AI organisasi non-profit AI Singapore, William Thji, dan Ahli AI yang juga menjadi Dosen STEI ITB, Ayu Purwariyanti. 

Dalam pelaksanaannya, lomba ini merupakan bagian dari Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), sebuah festival keuangan yang diadakan oleh Bank Indonesia untuk edisi tahun 2024.  Peluncuran lomba sekaligus dimulainya pendaftaran peserta hackathon.

Terdapat tiga problem statement yang dapat dipilih peserta dalam menyusun prototipe solusi mereka, yaitu di bidang pengambilan keputusan, pelayanan konsumen, serta risk management dan proteksi konsumen.

Sebanyak 10 finalis beruntung akan diberikan karantina dan mentoring dalam menyempurnakan prototipe solusi sebelum mempresentasikan prototipenya di mini stage FEKDI secara live. Pemenang lalu akan diumumkan di hari ke-4 FEKDI 2024 pada tanggal 4 Agustus 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaboratif

Kepala Bagian Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Dicky Kartikoyono, menyatakan bahwa perlombaan Bank Indonesia Hackathon 2024 ini merupakan upaya kolaboratif dalam meningkatkan efisiensi pelayanan serta perlindungan konsumen melalui penguatan risk management seperti penanganan kasus fraud dan pelayanan yang memberikan ketenangan bagi konsumen dalam bertransaksi. 

“Kalau boleh, kami menyampaikan bahwa acara ini adalah acara yang bersifat kolaboratif. Kita semua ingin meningkatkan efisiensi, produktivitas, kemudian juga mendorong proses lebih cepat, dan juga perlindungan kepada konsumen melalui penguatan risk management dan penanganan kasus seperti fraud dan juga pelayanan-pelayanan yang memberikan ketenangan dalam bertransaksi” ujar Dicky Kartikoyono dalam pidato sambutannya dalam peluncuran Bank Indonesia Hackathon 2024. 

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan dukungan Bank Indonesia terhadap perkembangan ekonomi digital Indonesia.

“Bank Indonesia sangat mendukung penuh digitalisasi, khususnya ekonomi keuangan digital nasional. Kami percaya bahwa digitalisasi adalah sebuah keniscayaan dalam membawa kemajuan ekonomi nasional, menjadikan negara ini negara berpenghasilan menengah ke atas, meningkatkan produktivitas, kesempatan kerja, dan juga mendorong inovasi kreativitas di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan milenial penerus bangsa” ujar Perry dalam keynote speechnya yang direkam di Arab Saudi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.