Sukses

Mantan Ratu Rumania Wafat di Swiss

Mantan Ratu Rumania, Anne, dilaporkan wafat pada Senin, 1 Agustus 2016 waktu setempat.

Liputan6.com, Swiss - Mantan Ratu Rumania, Anne, dilaporkan wafat pada Senin, 1 Agustus 2016 waktu setempat. Ia mengembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit Swiss pada usia 92 tahun. 

"Mantan Ratu Rumania, Anne, meninggal dunia di sebuah rumah sakit Swiss," demikian menurut informasi dari pihak Royal House dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Selasa (2/8/2016).

Anne meninggal di rumah sakit dikelilingi oleh keluarga. Pemakaman dilakukan di Kota Rumania, Curtea de Arges.

Anne dan suaminya, mantan Raja Rumania, Michael tinggal di Aubonne, Swiss sejak tahun 2004. Ia mengunjungi Rumania selama liburan dan untuk tugas resmi. Mereka telah menikah selama 68 tahun.

Awal tahun ini, Royal House memberitahukan bahwa Michael yang berusia 94 tahun jarang terlihat di publik karena sakit setelah menjalani operasi untuk mengatasi leukemia dan kanker.

Michael, sepupu Ratu Inggris, Elizabeth, dan keturunan dinasti Jerman tua, Hohenzollern, terpaksa turun takhta pada tahun 1947 setelah pasca-perang pengambilalihan komunis Rumania. Dia tinggal di pengasingan di Barat selama beberapa dekade dan kembali ke Rumania pada tahun 1992.

Dia dan Anne menikah pada tahun 1948 di Athena. Mereka memiliki lima anak perempuan. Dia lahir di Paris dan milik rumah Bourbon-Parma.

Meskipun tidak ada permintaan populer untuk pemulihan monarki negara Uni Eropa, warga Rumania menghormati Michael dan Anne sebagai tokoh bersejarah karena mereka tumbuh dengan rasa kecewa dengan politik yang dianggap korup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.