Sukses

ISIS ‘Bersorak’ atas Serangan Teror di Nice Prancis

ISIS mengatakan serangan tersebut adalah balas dendam. Target berikutnya adalah Berlin.

Liputan6.com, Nice - Kelompok teroris ISIS merayakan serangan mematikan di Nice, Prancis yang terjadi pada Kamis 14 Juli 2016. Bagi mereka, serangan tersebut merupakan balasan kematian Menteri Perang Abu Omar al-Shishani.

Setidaknya 77 orang tewas dalam tragedi itu. Sebuah truk besar menerjang kerumunan warga yang tengah merayakan Hari Bastille.

“Oh Prancis, kalian dan seluruh Eropa tidak akan pernah aman hingga kami menguasai tiap inci tanah bagi kekalifahan,” ujar akun ISIS di Twitter.

Poster yang diduga dibuat oleh ISIS untuk merayakan serangan di Nice, Prancis (Mirror)

“Ini adalah serangan balasan awal atas apa yang kalian perbuat terhadap al-Shishani.”

Dilansir dari Vocatif, Jumat (15/7/2016), Twitter tersebut juga melampirkan foto berupa gambar Menara Eiffel terbakar dan pisau.

Poster yang berbeda juga diunggah dalam akun sama dan mengatakan bahwa target mereka selanjutnya adalah Berlin.

Poster dari saluran tak resmi milik ISIS menunjukkan kelompok militan itu menjadikan Berlin, Jerman, sebagai target selanjutnya (Twitter/Jenan Moussa)

Truk besar itu melindas kerumunan dengan kecepatan 100 kilometer per jam. Tanpa berusaha menghentikan mobil, sopir itu menancap gas hingga 100 meter.

Polisi berhasil menembak mati pengendara. Jasad manusia bergelimpangan di jalan. Salah seorang saksi mata mengatakan, para warga yang tengah merayakan Hari Bastille kocar-kacir menyelamatkan diri.

Poster dari saluran tak resmi milik ISIS mengatakan bahwa penembakan di Orlando hanya permulaan (Twitter/Jenan Moussa)

Pentagon mengatakan al-Shishani tewas dalam serangan udara koalisi. Media ISIS, Ammaq membenarkan kematian itu. Menteri perang itu dianggap orang nomor dua di ISIS; dan bagi AS, ia adalah 5 buronan teroris yang paling dicari. Kepalanya dihargai US$ 5 juta atau setara Rp 65,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini