Sukses

NASA Tebar Poster 'Lowongan Kerja' Petani dan Teknisi...di Mars

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan yang menanti mereka di Mars.

Liputan6.com, Washington, DC - Baru-baru ini NASA menerbitkan sejumlah poster 'lowongan pekerjaan'. Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mencari orang-orang yang berani, pintar, dan berjiwa petualang untuk menjawab tantangan tugas ke Mars.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (16/6/2016), poster-poster bergaya retro ini membeberkan sejumlah posisi yang bisa diisi dalam rangka menciptakan koloni manusia di Planet Merah. 

Seri 'Mars Explorers Wanted' ini berisi 8 poster yang tadinya diciptakan untuk dipamerkan di Visitor's Complex, Kennedy Space Center, pada 2009.

Namun demikian, set lengkap tersebut sekarang dibagikan gratis kepada masyarakat yang dibolehkan mencetaknya kembali.

Delapan poster itu antara lain berisi tugas pendakian gunung-gunung tinggi planet itu, pemasangan rangka baja untuk tempat tinggal, hingga perawatan tanaman pangan untuk pasokan makanan di sana.

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada di Mars. (Sumber NASA via Daily Mail)

"Ayo mendaki Valles Marines di Mars yang merupakan sistem ngarai terbesar dalam tata surya dan kamu bisa melihat matahari terbenam berwarna kebiruan, lalu menyaksikan dua bulan Mars, Phobos dan Deimos di langit malam hari," demikian bunyi kalimat salah satu poster.

"Apakah kamu seseorang yang dapat menyusun sesuatu, memecahkan tantangan untuk bisa bertahan hidup? Beranikan membangun masa depan kita dengan perangkat abad angkasa untuk membangun pesawat antariksa yang membawa kita ke Mars dan kembali lagi, dengan habitat yang melindungi kita sewaktu kita di sana," demikian tulisan poster lainnya.

NASA cermat dalam perancangan poster ini dan memilih jenis pekerjaan yang vital bagi manusia untuk bisa bertahan hidup di Mars. Badan ini mencari para teknisi "untuk merekayasa masa depan kita di Mars."

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada di Mars. (Sumber NASA via Daily Mail)

Bunyi salah satu poster lainnya, "Orang dengan bakat-bakat khusus selalu diinginkan bagi 'Perjalanan ke Mars'."

"Baik untuk perbaikan antena dalam lingkungan ekstrem Mars, ataupun mendirikan pemukiman di bulan Phobos, kamu hanya perlu keterampilan dan keinginan untuk melakukan hal-hal besar."

Surveyor, guru, dan orang yang berkenan melakukan tugas malam di bulan Mars juga sangat dicari.

"Tukang begadang, datanglah! Kalau kamu tinggal di Phobos, bulannya Mars, kamu memiliki kantor dengan pemandangan indah selagi menambang sumberdaya -- menikmati penampakan Mars di langit malam," demikan bunyi poster yang diarahkan kepada para pekerja malam.

Tampak gambar seorang pekerja berdiri di Phobos dengan Mars di latar belakang mereka.

"Pemukim di Mars di bawah sana melihat Phobos terbit dan terbenam bukan hanya sekali sehari, tapi dua kali!"

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan di Mars dan untuk menyatakan kebutuhan agar semua orang bergabung dalam perjalanan ini.

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada di Mars. (Sumber NASA via Daily Mail)

"Kita memerlukan banyak hal untuk 'Perjalanan ke Mars', tapi satu bagian kunci adalah KAMU," demikian bunyi poster yang bertajuk "We Need You" yang mirip dengan poster "I Want You" terbitan masa Perang Dunia I.

NASA juga pernah menerbitkan poster-poster retro di awal tahun ini, tapi lebih sekedar karya seni yang menggambarkan senangnya berlibur di angkasa. Kantor perancang Invisible Creature menciptakan poster perjalanan penuh warna itu bagi Jet Propulsion Laboratory di NASA.

Koleksi tersebut terbagi dalam 3 tema yang fokus pada tempat-tempat yang dikunjungi oleh wahana Voyager, termasuk bulan Saturnus bernama Enceladus dan planet Mars. Koleksi ini juga merupakan seri poster retro terbitan terkini.

"Kami merasa terhormat dan beruntung mengerjakan proyek yang menakjubkan itu," kata Don Clark dari Invisible Creature melalui suatu blog.

Setiap poster berisi sejumlah kalimat dengan maksud agar masyarakat tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada di Mars. (Sumber NASA via Daily Mail)

"Ketika sahabat kami, Joby Harris, seorang ahli strategi visual untuk misi Voyager di NASA, menanyakan apakah kami tertarik menciptakan 'poster perjalanan' bagi untuk pada musim gugur lalu."

Sebuah poster yang bertajuk "The Grand Tour" mengenang misi Voyager yang mengirimkan gambar-gambar mencengangkan ketika menjelajahi Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus menggunakan gravitasi masing-masing planet.

Cara ini menambah kecepatan setiap wahana, yang memberikan tambahan kekuatan guna mencapai batas luar Bima Sakti.

Poster kedua lebih berfokus pada tempat-tempat tujuan, bukan perjalanannya sendiri, dan menampilkan Enceladus, salah satu bulan di Saturnus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.