Sukses

Aksi Heroik 2 Pria Selamatkan Hiu Liar yang Dikira Lumba-lumba

Liputan6.com, Cornwall - Seorang pria yang tengah berlibur di pantai berbuat sesuatu yang mulia. Ia mengira telah menyelamatkan nyawa lumba-lumba tapi ternyata bukan.

Nicolas Andre menemukan hewan laut sepanjang 12 kaki terdampar di pantai. Bintang malang itu tertahan di perairan dangkal di Pantai Lizard Point di Cornwall, Inggris.

Andre mengira hewan malang itu lumba-lumba. Setelah menyeretnya ke laut, ia tertegun sadar kalau itu adalah basking shark, atau hiu penjemur.

"Untuk ke pantai tempat hewan itu terdampar sama sekali tak ada akses. Jadi, aku menuruni bukit tatkala melihatnya menggelapar-gelepar kekurangan oksigen," kata Andre seperti dilansir dari Daily Mail Selasa (7/6/2016).

"Untung ada seorang pria yang mau membantuku, kami sama-sama menolong hewan malang itu. Saat melihat dari dekat dan menyelamatkannya ke laut aku sadar itu bukan lumba," lanjut Andre lagi.

Pria Ini Mengira Menyelamatkan Lumba-lumba, Ternyata... (Daily Mail)

Menggunakan kaosnya, Andre membungkus hewan yang ia kira lumba-lumba lantas menariknya ke laut. Saat itu keduanya sadar, mereka tengah menyelamatkan hiu.

"Kulit hiu ternyata sangat kasar dan berat sekali menariknya ke air. Butuh beberapa waktu untuk membawanya ke air dan menunggu ombak agar ia bisa berenang," jelas pria berusia 49 tahun itu.

"Saat ia kembali ke air, aku menarik kaosku lagi. Seperti saklar, hiu itu bergerak dan hidup lantas berenang," ujar Andre.

"Aku tak pernah melihat hiu sedemikian rupa, apalagi menyentuhnya sepanjang hidupku. Ini perasaan paling luar biasa dalam hatiku telah menyelamatkannya," imbuhnya.

Meski Andre terluka di tangan dan kakinya akibat batu-batu pantai, ia mengatakan sang hiu tak agresif atau berbahaya.

Hiu penjemur kerap mengunjungi pantai Cornwell tiap musim panas. Meski mereka ikan terbesar kedua di dunia, tapi hanya makan planton dan tak punya gigi.

Berikut rekaman aksi 'heroik' Andre menyelamatkan hiu.