Sukses

Perempuan Ini Sakit Parah Gara-gara Kondom Terjebak di Usus Buntu

Liputan6.com, Yaounde - Seorang wanita mengeluhkan sakit yang luar biasa di bagian perutnya. Ia pun sampai mengalami mual-mual. Ketika memeriksakan diri ke dokter, hasilnya mengejutkan, bahkan untuk paramedis yang menangani kasusnya.

Dikutip dari Daily Mail pada Jumat (27/5/2016), wanita berusia 26 tahun itu datang ke rumah sakit untuk mengeluhkan nyeri dan lembam di panggul depan kanan. Karena gangguan itu, ia menderita demam dan tidak sanggup makan.

Hasil pemindaian menunjukkan bahwa bagian perutnya membengkak berisi cairan, sehingga para dokter di rumah sakit di Kamerun berkesimpulan bahwa wanita itu terkena radang usus buntu.

Mereka bergegas melakukan tindakan bedah darurat untuk mencabut organ yang terinfeksi itu sebelum meletus. Namun, mereka kemudian menemukan sesuatu yang aneh dari dalam usus buntu pasien.

Ternyata ada sebuah kondom yang terjebak di dalamnya. Hal ini diduga menjadi yang pertama kalinya ada kejadian kondom terjebak dalam usus buntu.

Kata para dokter ketika menerangkan kasus ini dalam tulisan di Journal of Medical Case Reports, "Tanpa prasangka, kami mengiris usus buntunya dan menemukan bagian tak lengkap dari bahan karet yang konsisten dengan sebuah kondom."

Ketika sang pasien siuman, ia membenarkan bahwa ia tidak sengaja menelan sebuah kondom sekitar dua minggu sebelumnya. Ketika sedang bermesraan dengan pasangan, kondom itu menjadi longgar dan tak sengaja tertelan, katanya.

Ia tidak segera memeriksakan diri setelah menemukan bagian-bagian kondom dalam tinja pada 5 hari sesudah kejadian. Ia pun tidak menyangka bahwa gejala yang dialaminya terkait dengan kejadian tersebut.

Menurut para dokter, kondom itu sobek dan tercerai-berai ketika bergerak di dalam saluran pencernaannya dan suatu bagian masuk ke dalam usus buntu.

Usus buntu adalah suatu organ berbentuk seperti jari yang terletak di bagian kanan usus besar, sehingga bisa saja ada benda yang tersasar dan terjebak ke dalamnya, lalu menimbulkan bengkak dan infeksi.

Dalam kisah-kisah sebelumnya, dokter-dokter pernah menemukan peluru, tali pancing, sekrup, uang logam, batu, kepala sikat gigi, peniti, jarum, gigi, serpihan tulang, dan bulu anjing di dalam usus buntu. Lalu ada juga temuan biji tumbuhan, cukil gigi, mata bor, pembersih lidah, dan spiral KB terjebak di dalamnya.

Ketika benda-benda seperti itu terjebak dalam organ tersebut, denyut-denyut usus besar yang berguna untuk mendorong makanan tidak cukup kuat untuk mengeluarkan benda-benda asing di dalam usus buntu sehingga benda-benda itu bisa terjebak bertahun-tahun tanpa menunjukkan gejala.

Loading