Sukses

Dibangun Hanya 4 Tahun, Jembatan Terpanjang Sedunia Ada di China

Jembatan terpanjang tersebut hanya memakan waktu empat tahun dalam pembuatannya, yang dimulai pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010.

Liputan6.com, Beijing - Tidak puas dengan catatan pemegang tiga jembatan terpanjang, kini Tiongkok resmi membuka jembatan di atas laut keempat yang menjadi jembatan terpanjang di dunia melebihi panjang terowongan bawah laut yang menghubungkan Dover, Inggris, dan Calais, Perancis.

Jembatan Jiaozhou Bay yang dibuka pada tahun 2011, resmi mencatat rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 26.4 mil atau sekitar 164 kilometer. Jembatan terpanjang itu menghubungkan pulau Huangdao dan pelabuhan barat kota Qindao, Cina.

Jiazhou Bay yang memiliki luas jalan seluas 330 meter ini memakan biaya sebesar 1 miliar pound sterling selama pembangunannya.

 

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (9/4/2016), jembatan terpanjang tersebut hanya memakan waktu empat tahun dalam pembuatannya, yang dimulai pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010.

Bangunan dua jembatan yang saling berdampingan dengan panjang masing-masing jembatannya sepanjang 23,87 mil itu membutuh kan lebih dari 5.000 pilar untuk menopangnya.

Hampir tiga mil lebih panjang dari jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Lusiana, yang memegang catatan jembatan terpanjang sebelumnya.

Jemabatan Jiazhou Bay dibangun karena jembatan Qingdao Haiwan, yang panjangnya melebihi jembatan Tower Bridge, London, hanya memotong 19 mil perjalanan dari Qingdao menuju Huangdao.

Dua kelompok pekerja membangun jembatan tersebut dari dua ujung yang berbeda dimulai dari tahun 2006 lalu.

Setelah berhasil menggabungkan kedua ujung jembatan pada 22 Desember, seorang insinyur yang ikut serta dalam pembangunan jembatan mengatakan bahwa mereka tidak bisa santai saja sampai kedua jembatan benar-benar terhubung dengan sempurna.

"Kesalahan beberapa sentimeter saja akan berubah menjadi bencana" katanya.

Prestasi yang dicapai oleh para insinyur pembangunan jembatan itu tidak akan bertahan lama. Hal ini dikarenakan China sedang membangun jembatan terpanjang lainnya yang direncanakan akan selesai pada tahun 2016 ini.

Pada bulan Desember 2011 lalu, Beijing mengumumkan pembangunan jembatan baru dengan kisaran biaya sebesar 6,5 miliar pound sterling dengan panjang hampir 30 mil ,yang akan menghubungkan bagian selatan Provinsi Guangdong dengan Hong Kong dan Makau.

"Jembatan itu dirancang tahan gempa sampai dengan skala 8.0 dan tahan tiupan angin topan," katanya.

China akan terkenal sebagai negara dengan dua jembatan terpanjang di dunia. Menakjubkan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.