Sukses

Jangan Pernah Pesan 4 Jenis Makanan Ini dari Room Service

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati sajian makanan di kamar hotel bagi sebagian orang merupakan sebuah kemewahan tersendiri. Sehabis check-in, mandi air hangat, selonjoran kaki dan memesan makanan dari layanan room service --  tak perlu masak atau ke luar ruangan.

Demi kemewahan itu, tak jarang para pengujung rela mengeluarkan uang lebih banyak.

Kendati demikian, banyak pula yang berakhir dengan kekecewaan. Entah karena harganya terlalu mahal, terkirim terlalu lama, hingga makanan yang telah dingin dan tidak segar lagi.

Demi menghindari kekecewaan seperti itu, Conde Nast Traveler dikutip dari news.com.au, Jumat (4/3/2016) memberikan empat daftar makanan yang disarankan agar tak memesannya lewat layanan kamar.

Berikut daftar makanan yang harus Anda hindari demi menghindari kekecewaan.

2 dari 3 halaman

Hindari Makanan yang Mudah Berubah Warna dan Tak Tahan Lama

1. Semangkuk Pesto dan Alpukat

Lemak sehat pada alpukat dapat membantu proses pembakaran lemak secara lebih maksimal sehingga tidak terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh. Konsumsilah alpukat tanpa dicampur dengan gula, susu, sirup dan makanan manis lainnya. (AFP PHOTO/ORLANDO SIERRA)

Jika menginginkan topping yang lezat dalam panganan Anda, hindari dua bahan makanan dari pesto dan alpukat. Hal itu disebabkan pesto -- jenis saus dari daun basil, parsley serta kacang-- dan alpukat gampang sekali berubah warna, berubah tekstur bahkan menjadi lembek serta terlihat menjijikkan.

Lebih baik pilih mayonaise atau minyak zaitun yang lebih segar. 

2. Seafood

"Ikan jarang dipindah-pindah dan bisa berbau," kata juru masak hotel sekaligus pemilik firma konsultasi perjalanan Lisa Brefere.

"Ditambah, Anda tidak tahu sudah berapa lama mereka berada di freezer hotel," ujarnya lagi.

Hal itu berlaku juga untuk udang. Namun, jika Anda tetap ngidam ingin menyantap makanan laut, tak ada salahnya menanyakan kepada staf restoran hotel apa yang terbaik dan paling segar. Kendati demikian, Lisa tak menjamin akan mendapatkan jawaban jujur.

3 dari 3 halaman

Sesuatu yang Hangat

3. Kopi

Kopi memang memiliki khasiat menyehatkan terutama bagi kesehatan otak.  Tapi jika Anda memesan latte besar dengan susu, maka tubuh Anda akan mendapatkan 300 kalori dan 15 gram lemak.  (Istimewa)

Iya, benar, kopi. Di banyak penginapan, minuman berkafein itu disajikan dengan cara mencampur bubuk kopi dengan air hangat. Bukan air mendidih.

Lalu kopi itu diletakkan di termos khusus yang terus dipanaskan dalam jangka waktu lama. Sehingga rasanya sudah pasti berbeda dengan yang diharapkan.

Lebih baik, buat sendiri kopi Anda atau jalanlah sedikit mencari kedai kopi yang menyajikan kopi segar.

4. Makanan Panas

Sup ayam panas merupakan obat kuno untuk memerangi sakit tenggorokan. Semangkuk sup ayam panas dapat mengalahkan antibiotik. (AFP PHOTO/JOHANNES EISELE)

Bayangkan, ketika Anda menginap di hotel besar dengan banyak kamar dan lantai. Akan ada kemungkinan besar makanan panas datang ke kamar dalam keadaan dingin.

Atau ada kemungkinan besar saat di hotel menghadapi badai dan semua orang menggunakan layanan kamar.

"Pesanan makanan panas Anda bakal kacau kalau di tempat Anda menginap terjadi angin kencang atau badai salju,"kata Lisa lagi.

"Di saat seperti itu, nyaris semua kamar bahkan manajer pun memesan makanan dari layanan room service," ujar Lisa.

Jadi, lebih baik memilih makanan yang mudah dan disajikan dingin seperti sandwich. Atau, kalau tetap nekat, berharaplah dewi keberuntungan berada di pihak Anda.