Sukses

Aksi Mendebarkan Macan Tutul Hadang Pemain Ski

Owen pun menyempatkan diri mengambil teleponnya untuk merekam 'penghalang' tak biasa itu.

Liputan6.com, Gulmarg - Seorang pemain ski asal Australia terhenti di lintasannya karena keberadaan seekor snow leopard atau macan tutul salju yang tersamar nyaris sempurna hanya beberapa meter jauhnya.

Dikutip dari The Mirror pada Rabu (17/2/2016), kala itu Owen Lansbury sedang ski di Gulmarg, Kashmir India, ketika pemandu wisatanya, Dave Marchi mendadak menghindari sesuatu yang bergerak.

Owen pun menyempatkan diri mengambil teleponnya untuk merekam 'penghalang' tak biasa itu. Sang pemandu yang berasal dari Amerika Serikat itu kemudian berhasil menjauh tanpa mengalami cedera apapun.

Hujan salju tebal baru saja tercurah di kawasan tersebut dan menjadi tempat sembunyi yang bagus untuk hewan liar tersebut.

Dalam rekaman singkat yang dibuat Owen, si hewan langka itu terlihat tergesa-gesa meninggalkan tempat persembunyiannya. Ia pun kemudian mengunggah rekamannya ke akun Facebook miliknya.

"Penampakan itu terjadi ketika kami mencoba ski putaran pertama dan sang pemandu berbaju kuning nyaris menabrak seekor macan tutul. Aku berhenti ketika ia bergegas keluar dari salju dan sejenak mengawasi kami," tulis Owen menyertai postingannya.

Hewan itu kemudian mengaum keras dan beranjak ke arah Dave, tapi kemudian berbelok ke hutan … Saat itu ia lebih takut daripada kami. Jarak kami renggang sehingga ia bisa melarikan diri dari sana tanpa membahayakan siapa pun."

 

Ilustrasi leopard salju. (Sumber Wikipedia)

Kelompok wisatawan itu terdiri dari 5 orang peserta dan 1 orang pemandu. Mereka telah berada di Gulmarg selama 15 hari. Kawasan itu memang terkenal sebagai tempat bermain ski.

Macan tutul salju termasuk dalam 'Daftar Merah' Spesies Terancam menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Penelitian tahun 2003 memperkirakan populasi hewan itu di alam liar hanya antara 4.080 hingga 6.590 ekor. Jumlahnya dilaporkan terus menyusut.

Di India, populasi macan tutul salju hanya ada antara 200 hingga 600 ekor saja. Sisanya tersebar di kawasan luas yang membentang dari Nepal hingga Kazakhstan dan Tiongkok hingga Mongolia.

Berikut ini rekaman pengalaman mendebarkan itu bertemu macan tutul salju yang diunggah Owen Lansbury:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.