Sukses

Pizza Ala Militer, Dijamin Tak Bakal Basi Selama 3 Tahun

Selain rasanya yang cukup lezat, pizza ini bisa bertahan selama tiga tahun. Apa rahasianya?

Liputan6.com, Natick - Bagi anggota militer, makanan cepat saji atau yang dikenal sebagai MRE bukanlah hidangan yang paling menggiurkan.

Namun, kini US Army -- angkatan darat AS menemukan pizza yang bukan hanya rasanya cukup nikmat, namun mampu bertahan selama tiga tahun!

"Pizza ini dibuat dengan sungguh-sungguh secara utuh," Lauren Oleksyk, juru teknik makanan di Natick Soldier Research, Development, and Engineering Center di US Army menjelaskan, dikutip Fox News.

Jadi, seperti apa rasanya? Menurut Oleksyk, seperti pizza sisa yang berusia sehari. Walau bentuknya yang kotak dan rotinya yang tebal akan sulit menandingi pizza dari gerai favorit Anda, para tentara mengacungkan jempol.

Angkatan darat AS. (US Army)

"Kami mendapat kritik dan saran dari para tentara selama bertahun-tahun," aku Oleksysk. "Pizza ternyata paling diminati."

Makanan enak dan mudah dimakan penting untuk di medan perang, namun membuat pizza yang bisa bertahan disimpan selama tiga tahun dalam suhu 27 derajat Celcius menantang bagi para periset.

Salah satu yang menjadi kesulitannya adalah menghambat pertumbuhan jamur.

Untuk rotinya, mereka menggunakan teknologi tertentu yang bisa menghasilkan lapisan pelindung pembentukan bakteria. Saus tomatnya memiliki tingkat pH lebih tinggi dan lebih asam, sehingga binatang menghindarinya.

Makanan itu, seperti halnya MRE bagi tentara lainnya, dilengkapi dengan pemanas yang aktif saat dicampur dengan air. Sehingga pizza bisa dihangatkan, walau juga bisa dimakan dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini