Sukses

Terkuak, Gaji Ketua DPR Inggris Lebih Besar dari Perdana Menteri

Hal itu tercatat setelah ada kenaikan ekstra sebesar 10% untuk gaji para anggota DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Fakta mencengangkan terkuak dari jajaran parlemen Inggris. Ternyata diketahui gaji ketua parlemen Inggris, John Bercow, lebih besar dari gaji sang Perdana Menteri David Cameron.

Hal itu tercatat setelah ada kenaikan ekstra sebesar 10% untuk gaji para anggota DPR.

Gaji tahunan Bercow tercatat 150.236 poundsterling atau sekitar Rp 3,042 miliar, sementara gaji PM Cameron per tahun adalah 149.440 poundsterling atau sekitar Rp 3,027 miliar.

Pendapatan tahunan tersebut sudah termasuk kenaikan 0,62% yang merupakan tunjangan jabatan bagi Bercow, yang menduduki posisi ketua parlemen sejak 2009.

Kenaikan tunjangan ini dimungkinkan karena ada aturan yang membolehkan kenaikan tersebut, yang biasanya diperuntukkan untuk para pejabat sipil senior.

Laporan media International Business Times menyebutkan sekitar setengah dari pendapatan Bercow berasal dari gaji pokok anggota parlemen yang mencapai 74.000 poundsterling.

Beda dengan Bercow yang setuju dengan kenaikan gajinya, PM Inggris dan para menteri dikabarkan menolak tawaran kenaikan serupa.

Para anggota parlemen Inggris menerima kenaikan gaji 10% Juli lalu setelah ada keputusan dari lembaga Independent Parliamentary Standards Authority.

"Itulah yang terjadi dan kami tidak ingin memberikan tambahan (informasi) lebih lanjut," kata juru bicara Bercow.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini