Sukses

Pelajar 15 Tahun Berhasil Temukan Planet Baru

Tom Wagg, anak sekolah berusia 15 tahun menemukan sebuah planet baru seukuran Jupiter. Hebat.

Liputan6.com, Staffordshire, Inggris Sebuah planet baru berukuran sebesar Jupiter telah ditemukan. Hebatnya, sang penemu planet tersebut masih duduk di bangku sekolah. 

Tom Wagg yang baru berusia 15 tahun `mengalahkan` para ahli astronomi setelah berhasil menemukan planet itu saat sedang magang di Universitas Keele, Staffordshire, Inggris.

penemu planet baru seukuran jupiter

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Selasa (7/7/2015), saat Tom sedang memeriksa data yang dikumpulkan sejumlah teleskop di Afrika Selatan, ia melihat sebuah titik kecil di depan cahaya sebuah bintang yang berjarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi.

Dibutuhkan waktu selama 2 tahun untuk membuktikan bahwa penemuan Tom benar-benar adalah sebuah planet. Setelah dilakukan penelitian dengan saksama, para ilmuwan akhirnya menetapkan bahwa titik itu adalah sebuah planet yang tengah melintasi sebuah bintang sehingga menghalangi cahaya bintang itu.

"Saya sangat senang telah menemukan sebuah planet dan sangat terkesan karena planet itu berjarak sangat jauh dari Bumi," ujar remaja yang sekarang berusia 17 itu.

Tom menemukan planet itu dengan melihat data yang dikumpulkan oleh proyek WASP (Wide Angle Search for Planets), yang melakukan survey terhadap langit malam, memantau jutaan bintang untuk mengamati titik kecil terang yang dihasilkan oleh planet-planet yang lewat di depan bintang utama.

Planet baru yang diyakini berukuran sebesar Jupiter itu mengorbit sebuah bintang di konstelasi Hydra, di sisi selatan angkasa. Suhu di planet baru ini diperkirakan bisa mencapai 1.000 derajat celsius.

Planet Tom telah diberi nomor katalog WASP-142b, menjadi penemuan ke-142 oleh kolaborasi WASP di dalam konstelasi Southern Hydra. Sementara ahli astronomi di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan lebih dari 1.000 exoplanet atau planet yang mengorbit sebuah bintang selain Matahari. Tom mungkin adalah penemu termuda yang pernah ada. Siswa Newcastle-under-Lyme School ini berencana mengambil jurusan fisika saat kuliah nanti. (Dsu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.