Sukses

[VIDEO] Beverly Hills Gempa 4,4 SR, Pembawa Berita Ngumpet

Liputan6.com, Beverly Hills - Gempa bumi berkekuatan 4,4 skala Richter mengguncang 6 km sebelah barat laut dari Beverly Hills, Los Angeles, AS. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 06.25, pada Senin 17 Maret waktu setempat.

"Gempa memiliki kedalaman sekitar 5 km," demikian ungkap US Geological Survey (USGS) yang dimuat KTLA, Selasa (18/3/2014).

USGS melaporkan, gempa tersebut memiliki kekuatan awal 4,7 SR.

"Setidaknya 6 gempa susulan telah dilaporkan sejak gempa awal terjadi pada pagi hari," kata seismolog Egil Hauksson saat konferensi pers di Caltech setelah pukul 08.30.

Dari data USGS, guncangan terbesar dari gempa susulan itu berkekuatan 2,7 SR. 

"Gempa susulan yang lebih besar diperkirakan bisa terjadi," demikian menurut seismolog USGS Robert Graves.

"Sekitar 5 persen, gempa bumi diikuti dengan gempa berkekuatan besar atau serupa," beber Graves.

Sejauh ini, dari laporan penduduk, gempa dirasakan di Arcadia, Riverside, Montebello, Sherman Oaks, Simi Valley dan Fillmore.

Sejumlah orang mengatakan, gempa membangunkan mereka dari tidur.

"Ini adalah panggilan bangun tidur," kata salah seorang ibu yang juga mengalami gempa Northridge pada tahun 1994. "Anak-anak saya merasa sedikit, tapi tidak seperti gempa Northridge. Itu jauh lebih menakutkan dari yang terjadi pagi ini," tambahnya.

Gempa terasa kuat di studio KTLA di Hollywood, membuat acara berita pagi yang dibawakan oleh Chris Schauble dan Megan Henderson tampil 'spesial'. Kedua pembawa acara itu spontan ngumpet atau berlindung di kolong meja ketika sedang siaran langsung.

"Saya sangat bangga melihat pembawa acara berita KTLA di bawah meja ketika gempa terjadi, itu benar-benar hal yang tepat untuk dilakukan," kata seismolog lain dari USGS, Dr Lucy Jones, seperti dikutip dari Daily News.

"Orang-orang menertawakan mereka melakukan hal itu. Padahal Anda tidak tahu seberapa besar gempa akan terjadi. Anda mungkin merasa sedikit konyol melakukan hal kecil itu, tapi ketika gempa besar terjadi, Anda tetap hidup meski lampu studio berjatuhan," ujar Jones.

Departemen Sherif Los Angeles County pun menggunakan momen gempa itu untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan darurat.

Sejauh ini, belum ada kerusakan besar atau korban luka. Berdasarkan data Departemen Pemadam Kebakaran LA. Beberapa warga terlihat memposting gambar benda-benda di rumah mereka yang hancur. Termasuk piring dan pot bunga.

Graves menuturkan, gempa itu adalah yang peling terasa mengguncang Los Angeles, sejak gempa melanda Chino Hills pada tahun 2008. Gempa yang dari data USGS berkekuatan 5,5 SR. (Shinta Sinaga)

Lihat Juga:

[VIDEO] Gempa Chili, Militer Peringatkan Adanya Tsunami

[VIDEO] Tebing 30 Meter Longsor, 1 Mahasiswi Unpad Hilang

Waspada! Berita Hoax Penemuan Pesawat Malaysia MH370