Sukses

Uji Coba Vaksin Flu Burung di Vietnam Sukses

Peneliti menyuntikkan vaksin dari virus H5N1 pada tiga ekor monyet dan hasilnya tiga pekan kemudian ketiga monyet sehat sekaligus memproduksi antibodi. Vaksin belum bisa diujicobakan pada manusia.

Liputan6.com, Hanoi: Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan ujicoba vaksin flu burung terhadap monyet di Hanoi, Vietnam, sukses. Prestasi ini merupakan langkah penting dalam upaya mengendalikan penyakit flu burung yang mematikan. Namun WHO mengingatkan, vaksin belum bisa diujicobakan kepada manusia dan penyebarluasannya masih membutuhkan waktu panjang.

Menurut Juru Bicara WHO Peter Cordingley di Hanoi, baru-baru ini, hasil pengembangan vaksin cukup menggembirakan. Februari silam, peneliti menyuntikkan vaksin yang dibuat dari virus H5N1 pada tiga ekor monyet. Tiga pekan kemudian ketiga monyet tampak sehat dan tubuh mereka berhasil memproduksi antibodi.

Kendati mencatat keberhasilan, Cordingley menyatakan, vaksin tidak dapat langsung diujicobakan pada manusia. Vaksin flu burung masih harus melewati penelitian lanjutan sebelum dinyatakan aman dan dapat digunakan.

Cordingley menambahkan, penyebaran vaksin harus serentak untuk menghentikan penyebaran flu burung. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari peluang virus bermutasi dan membentuk kekebalan terhadap vaksin. Namun memproduksi enam miliar vaksin sekaligus akan sulit dilakukan. Itu berarti pandemi flu burung tidak dapat dihindari tapi dampaknya dapat dikurangi.

Vietnam adalah negara yang paling parah terserang wabah flu burung [baca: Vietnam Melaporkan Kasus Flu Burung Terbaru].
Dari total 47 korban tewas di Asia, 34 di antaranya adalah warga Vietnam. Sementara 12 lainnya berasal dari Thailand dan seorang lagi warga negara Kamboja.(DEN/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.