Sukses

Tips Beli Perhiasan Buat Pemula, Wajib Tahu Biar Nggak Tertipu!

Liputan6.com, Jakarta Kalung, emas, cincin, liontin merupakan sederet perhiasan yang dibalut dengan emas dan berlian. Setiap perhiasan tersebut, bukan hanya memiliki desain yang berbeda, namun tingkat kemurnian emas yang berbeda. 

Kamu mungkin pernah bertanya dalam hati, mengapa saat membeli perhiasan emas di satu toko berbeda harga dengan perhiasan di toko lain. Alhasil, tanpa tahu alasan, kamu pun memilih membeli emas di toko yang menawarkan harga yang jauh lebih murah. 

Nah, buat kamu para pemula yang mau beli perhiasan, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti sebelum membeli emas, yaitu: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Kadar dan Karat Emas

Sebelum membeli perhiasan emas, ada baiknya kamu mengetahui dulu kadarnya. Kadar merupakan tingkat kemurnian emas. Arti kemurnian berkaitan dengan berapa banyak campuran logam lain (perak, tembaga, platinum, dan lainnya) dalam emas tersebut. 

Kemudian kadar emas dinyatakan dalam karat. Jadi misalnya, kamu ingin membeli emas dengan kadar 18 karat (18K). Sesuai dengan SNI, emas 18K memiliki kandungan emas murni sekitar 75,40-78,49%. 

 

3 dari 4 halaman

2. Cek Harga Emas Terbaru

Ini adalah salah satu faktor penting yang harus kamu ketahui sebelum beli perhiasan emas. Ada baiknya kamu mengetahui harga emas per gram terbaru. 

Itu karena setiap hari terjadi perubahan harga emas yang mengikuti banyak faktor, mulai dari inflasi hingga penawaran dan permintaan emas itu sendiri. 

Akan lebih baik jika di toko yang kamu tuju, memiliki informasi harga emas yang ter-update. Dengan begitu, kamu dapat menghitung kira-kira perhiasan emas dengan kadar berapa yang dapat kamu beli sesuai bujet. 

 

4 dari 4 halaman

3. Beli di Gerai Terpercaya

Ketika ngomongin soal beli perhiasan emas, masih banyak yang ragu untuk membelinya di gerai yang terletak di dalam mal. Masih banyak orang memilih beli perhiasan di toko tradisional. Hal ini sebenarnya nggak masalah, jika kamu sudah memastikan bahwa toko tersebut menjual produknya secara transparan. 

"Masyarakat yang mau beli perhiasan emas lebih baik membeli di gerai yang punya pelayanan lengkap. Misalnya memberikan penjelasan mengenai kadar dan karat. Pelanggan pun bisa mengecek kadar emas lewat mesin karatimeter," ujar Jelita Setifa selaku General Manager The Palace saat berbincang dengan tim Liputan6.com, Rabu (11/1). 

Nah, sekarang kamu sudah tahu tiga tips yang dapat jadi pertimbanganmu sebelum beli perhiasan emas? Buat kamu yang mau tunangan, menikah, atau sekadar membeli perhiasan sebagai bentuk self reward, pastikan nggak salah beli ya! Pilihlah gerai yang Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin untuk mendapatkan perhiasan dengan kualitas terbaik. 

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS