Sukses

Buat Sendiri Masker Wajah dari Pisang, Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Perawatan kulit yang murah dan mudah mungkin adalah sesuatu yang selalu didambakan oleh para pecinta kecantikan, salah satunya adalah masker wajah buatan sendiri. Tahukah Anda bahwa masker wajah pisang dapat membantu menenangkan dan membersihkan kulit, terutama saat cuaca tidak menentu?

Pisang mengandung banyak vitamin yang bermanfaat, seperti vitamin C, kalium, biotin, dan tembaga. Vitamin- vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi kulit, terutama jika diaplikasikan melalui masker wajah.

Namun, mengapa harus dijadikan masker wajah dan bukan memakannya langsung? Sebagian besar nutrisi memang harus dikirimkan ke kulit melalui aliran darah, namun beberapa dapat diaplikasikan secara topikal dengan masker wajah, seperti dilansir dari sheknows.com, Sabtu (29/9/2018).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat pisang jika dimakan langsung dan diaplikasikan sebagai masker wajah

Lapisan atas kulit yang disebut sebagai stratum korneum, terdiri dari sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai penghalang untuk melindungi kulit dari infeksi dan bahan kimia yang berbahaya. Inilah mengapa eksfoliasi harus menjadi langkah pertama sebelum menggunakan masker wajah pisang.

Selain itu, kandungan kalium di dalam buah pisang sangat bagus untuk sistem limfatik. Sistem limfatik membantu tubuh membersihkan kulit dengan sendirinya dan menyediakan nutrisi untuk setiap sel di dalam tubuh itu sendiri.

Masker wajah pisang bisa dibuat dengan campuran madu untuk membantu penyerapan, mempertahankan kelembapan, menghidrasi lebih dalam, dan meningkatkan cahaya alami kulit. Atau perasan buah lemon untuk membantu eksfoliasi dan meningkatkan penyerapan vitamin C.

3 dari 3 halaman

Cara membuat masker wajah pisang

Yang dibutuhkan untuk membuat masker wajah pisang adalah sebuah mangkuk kecil, sendok pengukur, dan sendok logam. Siapkan juga satu buah pisang matang, satu sendok makan madu, dan sepuluh tetes perasan buah lemon.

Caranya potong sebuah pisang menjadi beberapa bagian, letakkan di dalam mengkuk, dan hancurkan dengan sendok logam. Tambahkan madu dan perasan buah lemon ke dalamnya, kemudian campurkan.

Setelah selesai, aplikasikan masker wajah tersebut ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, dan bilas menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat masker wajah sendiri, gunakan kulit pisang untuk menenangkan peradangan pada kulit.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Berwujud Pisang Raksasa Ini Punya Kemampuan Menakjubkan
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Gunakan Masker Pisang Secara Rutin bagi Kulit Wajah