Sukses

Atasi Permasalahan Ketombe Pada Rambut dengan Gula

Liputan6.com, Jakarta Kulit mati yang terakumulasi pada kulit kepala menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe di rambut. Faktor lainnya yaitu produksi minyak berlebih di kulit kepala yang membuat bakteri mudah berkembang.

Melihat hal ini permasalahannya berawal dari kulit kepala. Sehingga untuk mengatasi ketombe dibutuhkan perawatan hingga kulit kepala dengan menggunakan bahan yang tepat. Salah satunya yaitu membersihkan kulit kepala dengan gula pasir.

Anda dapat melakukan eksfoliasi berkala pada kulit kepala untuk mengangkat sel kulit mati. Jika dibiarkan, akan menimbulkan masalah serius pada kulit kepala Anda, tidak hanya ketombe, tapi dapat memicu permasalahan rambut lainnya seperti lepek, rambut patah, hingga infeksi kulit kepala akibat perkembangan bakteri.

 

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan membuat scrub

Anda bisa melakukannya dengan eksfoliasi menggunakan gula di rumah. Gula memiliki tektur yang tepat dijadikan sebagai eksfoliator. Selain itu gula juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan ketombe pada rambut, dapat melakukan scrubbing kulit kepala dengan gula di rumah. Berikut cara membuat dan menggunakannya seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (19/9/2018).

Bahan-bahan:

Gula pasir

Olive oil

 

3 dari 3 halaman

Cara pengaplikasian

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Campurkan gula dan olive oil hingga merata untuk membuat scrub.

2. Aplikasikan pada kulit kepala Anda, kemudian pijat dengan gerakan melingkar menggunakan jari tangan.

3. Biarkan selama 1 jam agar kandungan baik dalam gula dan olive oil meresap ke dalam kulit kepala.

4. Setelah satu jam, bilas rambut dengan air normal hingga bersih. Gunakan shampo untuk mebuat rambut lebih bersih.

5. Biarkan rambut kering sempurna dengan normal tanpa bantuan hair dryer. Lakukan perawatan kulit kepala ini dengan rutin agar ketombe tidak kembali lagi.