Sukses

Suka Mengenakan Sepatu Heels? Ini yang Terjadi Pada Kaki Anda

Ketika Anda menggunakan sepatu heels, ini yang terjadi pada kaki Anda.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang menggunakan sepatu  heels tidak hanya untuk menghadiri pesta atau undangan. Bahkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari di kantor dan acara kasual lainnya. Memakai sepatu heels secara rutin membuatnya menjadi pelengkap penampilan wanita. Namun banyak wanita merasa nyeri dan kesakitan di bagian kaki jika mengenakan sepatu heels seharian penuh.

Apakah ini menjadikan sepatu heels baik untuk digunakan secara rutin? Meskipun sepatu heels menjadi cukup baik untuk meningkatkan tampilan Anda secara keseluruhan, ini akan mempengaruhi bentuk bahkan kesehatan kaki itu sendiri.

Dikutip dari Sheknows.com pada Selasa (18/9/2018) sepatu heels dapat terasa dan terlihat sebagai ide yang baik untuk alas kaki. Namun sepatu heels dapat merusak struktur kaki Anda. Lama kelamaan bisa berpengaruh pada bentuk tubuh Anda secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akibat terlalu sering mengenakan sepatu heels

Sepatu heels menyebabkan banyak masalah bagi pemakainya. Tidak hanya kaki, melainkan juga pergelangan kaki, lulut, bahkan punggung. Menurut Dr.Julie Schottenstein, seorang ahli penyakit kaki, sepatu heels menyebabkan berat badan berpindah pada bola kaki yang menyebabkan peningkatan rasa sakit di area ini.

Mengangkat berat badan pada bola kaki dapt menyebabkan syaraf terjepit dan stres. Hal ini juga menyebabkan lutut dan pinggul Anda bergeser ke depan. Dalam beberapa kasus, heels nbisa menyebabpkan hammertoes dan kuku yang tumbuh ke dalam.

Penggunaan sepatu heels dalam jangka panjang bisa berpotensi menyebabkan pemendekan tendon Achilles, nyeri otot, kjang, dan kram kaki. Sehingga potensi cedera bisa semakin besar saat Anda mengenakan sepatu datar untuk berolahraga dan berjalan-jalan.

 

3 dari 3 halaman

Solusi mengenakan sepatu heels

Untuk itu, Anda harus memilih sepatu heels yang tepat jika pekerjaan dan keseharian Anda menuntut untuk menggunakan sepatu heels selama seharian penuh. Anda bisa mencari sepatu dengan sepatu heels atau wedges berukuran tinggi maksimal 5 cm. Selain itu, ruang kaki pada sepatu heels harus sama persis atau sedikit lebih besar dari ukuran telapak kaki Anda. Sehingga jari-jari Anda tidak terjepit. Sebaiknya juga cari sepatu heels yang memiliki bantalan di daerah bawah bola kaki untuk mencegah rasa sakit.

Namun jika Anda tidak memiliki heels yang sempurna untuk penampilan dan kesehatan Anda, jangan gunakan terlalu lama. Maksimal menggunakannya tiga jam dan bergantian dengan menggunakan sepatu yang lebih mendukung.

Dari keseluruhan jenis sepatu yang ada, sepatu datar dengan ruang kaki yang lebar adalah yang terbaik. Sepatu jenis ini tidak akan memaksakan jari-jari ke ruang yang kecil dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih selaras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.