Sukses

5 Makanan Terbaik untuk Kulit, Rambut, dan Kuku yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin sehat, bukan hanya kulit, namun rambut dan kuku juga harus dirawat dengan baik melalui makanan, bukan? Mungkin Anda masih bingung bagaimana cara terbaik mendapatkan kulit, rambut, dan kuku yang sehat melalui makanan, ya?

Jangan khawatir, dilansir dari ehow.com, Rabu (12/9/2018), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang telah disetujui oleh para ahli dapat membuat kulit, rambut, dan kuku Anda sehat. Penasaran apa saja?

1. Alpukat dan minyak zaitun

Alpukat telah begitu populer karena dikenal sebagai makanan sumber vitamin E dan lemak sehat, selain mengandung serat dan vitamin C. Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak, memiliki kualitas fotoprotektif.

Vitamin E juga bisa memberikan perlindungan terhadap radiasi UV dan mencegah inflamasi, kerusakan akibat paparan sinar UV pada kulit. Minyak zaitun juga merupakan makanan sumber vitamin E yang sangat baik dan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, membantu mencegah penuaan dini.

 

 

2 dari 3 halaman

Sayuran hijau dan makanan fermentasi

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau, terutama bayam dan kale merupakan sumber fotinutrien yang luar biasa. Secara khusus, bayam menawarkan dua nutrisi, yaitu lutein dan beta karoten, yang terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Sayuran hijau juga dapat memberikan asupan vitamin C, antioksidan yang kuat, dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan racun lingkungan. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit terasa kenyal dan elastis.

3. Makanan fermentasi

Banyak kondisi kulit, termasuk jerawat disebabkan oleh usus yang tidak sehat, tidak dapat mencerna makanan dengan baik, dan mempromosikan penyerapan nutrisi. Makanan fermentasi, seperti sauerkraut atau kimchi dapat memperkenalkan bakteri sehat ke dalam usus Anda.

Makanan ini memungkinkan usus berfungsi lebih baik dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena kandungan probiotik, vitamin, dan enzimnya. Glutathione adalah produk sampingan dari fermentasi dan merupakan antioksidan yang kuat.

3 dari 3 halaman

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan adalah pembangkit tenaga nutrisi yang benar. Makanan ini kaya asam lemak omega, vitamin, antioksidan, dan mineral.

Secara khusus, kacang Brasil mengandung selenium, ditemukan sangat bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala, terutama ketika kering atau rentan terhadap ketombe. Alpukat dan minyak zaitun juga merupakan bentuk lain kacang-kacangan sumber vitamin E, sedangkan biji labu adalah sumber seng yang sangat baik, terbukti dapat mengatasi masalah jerawat.

5. Telur

Kuning telur mengandung nutrisi penting yang disebut biotin, merupakan vitamin B atau B7. Tingkat biotin yang rendah dapat menyebabkan kuku Anda rapuh dan rambut rontok.

Loading
Artikel Selanjutnya
Rahasia Perawatan Wajah Rutin dengan Lemon di Rumah
Artikel Selanjutnya
Manfaat Serai untuk Perawatan Kecantikan