Sukses

Pria, Intip Cara Aman Tidak Terluka Saat Gunakan Pisau Cukur

Berikut cara aman agar pria tidak terluka saat mencukur jenggot.

Liputan6.com, Jakarta Pria menggunakan pisau cukur untuk merapikan jenggot di wajahnya hampir setiap hari. Hal ini dilakukan rutin untuk membuat penampilannya semakin rapi dan bersih. Namun kesalahan dalam bercukur dapat melukai pipi dan dagu.

Dibutuhkan teknik dan beberapa cara khusus saat menggunakan pisau cukur. Mulai dari arah mencukur yang disamakan dengan tumbuhnya bulu, hingga menggunakan pisau cukur yang tepat. Seperti dilansir dari situs Boldsky, Senin (23/7/2018), berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pria saat mencukur jenggot.

1. Gunakan pisau cukur yang higienis

Pisau cukur digunakan secara rutin sehingga semakin lama akan kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur. Menggunakan pisau cukur yang usang dapat melukai kulit. Pria perlu rutin menukar pisau cukur setiap dua minggu sekali. Dan membersihkannya setiap selesai bercukur agar tetap higienis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara aman mencukur jenggot

2. Ubah teknik mencukur

Terdapat beberapa teknik bercukur yang harus Anda ketahui untuk menghindari luka pada wajah. Pertama, gunakan pisau cukur searah tumbuhnya rambut atau bulu. Mulai dari salah satu sisi, kemudian dilanjutkan ke sisi lainnya. Lakukan seretan pendek untuk memastikan kulit Anda tidak terluka.

3. Bercukur saat mandi

Waktu yang tepat untuk Anda bercukur merapikan jenggot adalah saat mandi. Saat mandi rambut jenggot Anda terkena air dan semakin mudah untuk dicukur. Selain itu, kulit dalam konsisi lembap, sehingga mengurasi risiko terluka saat menggunakan pisau cukur.

 

3 dari 3 halaman

Cara aman mencukur jenggot

4. Aplikasikan gel aloe vera

Aplikasikan gel aloe vera setelah selesai bercukur. Aloe vera memberikan efek menenangkan pada kulit setelah menggunakan alat cukur. Biarkan gel aloe vera selama 10 menit pada wajah Anda, kemudian bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.