Sukses

7 Hal Tidak Terduga yang Sebabkan Rambut Anda Semakin Kasar

Ternyata, beberapa hal di bawah ini bisa menyebabkan rambut Anda semakin kasar. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda kelembapan adalah salah satu penyebab utama dari rambut kasar. Rambut kasar adalah kondisi rambut kering dan tidak memiliki kelembapan sama sekali.

Ketika rambut kering, kutikula akan menjadi kasar. Ketika cuaca lembap, maka rambut akan menjadi semakin kasar, bahkan keriting. Dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (4/7/2018), berikut ini adalah beberapa hal tidak terduga yang menyebabkan rambut Anda semakin kasar. Penasaran?

1. Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung sulfat

Sulfat telah terbukti dapat membuat rambut semakin kasar. Sulfat juga dapat mengelupas minyak alami dari rambut yang membuatnya tetap lembap.

2. Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol juga bisa membuat rambut terasa kasar, sekaligus menjadikannya semakin rapuh dan mudah kusut. Alkohol dapat benar-benar menyerap kelembapan yang dapat membantu rambut melawan kekeringan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa penyebab rambut menjadi kasar

3. Mencuci rambut dengan air yang sangat panas

Mencuci rambut dengan air yang sangat panas dapat benar-benar menghilangkan minyak alami pada rambut. Jika rambut Anda terasa kasar setelah mencuci rambut, sebaiknya lain kali, cobalah mengurangi tingkatan panasnya.

4. Terlalu banyak menyentuh rambut

Menyentuh rambut justru dapat membuat rambut kusut. Sebaiknya setelah keramas, segera aplikasikan serum rambut dan biarkan sampai benar-benar kering, tanpa menyentuhnya sama sekali.

5. Handuk yang Anda gunakan untuk mengeringkan rambut

Gunakan handuk yang tepat akan membantu Anda mencegah rambut menjadi kasar. Rambut basah adalah kondisi rambut yang paling rapuh.

3 dari 3 halaman

Beberapa penyebab rambut menjadi kasar

6. Menata rambut dengan alat pemanas

Apapun alat yang Anda gunakan, alat pemanas dapat merusak rambut dan menyebabkannya menjadi kasar. Jika Anda memang harus menggunakan alat pemanas, maka atur pada tingkatan yang paling rendah.

7. Terlalu banyak menyisir rambut

Menyisir rambut dalam keadaan basah dapat mengganggu lapisan luar dan menyebabkan rambut menjadi kasar. Saat rambut dalam keadaan basah, cukup rapikan dengan menggunakan jari-jari Anda saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.