Sukses

4 Kandungan Produk Kecantikan yang Harus Diwaspadai

Simak dan perhatikan formula yang terkandung pada produk kecantikan Anda untuk menghindari formula berbahaya/

Jakarta Dalam membeli produk kecantikan, tentu tak hanya sekedar harga dan khasiatnya yang harus dipertimbangkan. Tapi, ada beberapa hal yang wajib untuk dicermati agar kulit pun menjadi lebih sehat. Tak semua formula yang terkandung dalam produk kecantikan memiliki manfaat baik bagi kulit. Simak kandungan berikut yang ternyata tak baik bagi kesehatan.

Paraben

Bahan yang sering kita dengar ini berperan sebagai pengawet pada produk-produk perawatan. Bahayanya yang dapat dapat mengganggu fungsi hormon ini sudah diwaspadai oleh brand kecantikan. Tidak heran bila sekarang ini banyak produk kecantikan yang tidak memasukkan bahan ini pada komposisinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspadai bahan kandungan ini yang terdapat dalam produk kecantikan

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Sering ditemukan pada maskara dan produk pembersih wajah, SLS dapat menyebabkan iritasi kulit. Saat ini belum diketahui efek jangka panjang dari bahan kimia ini. Namun yang pasti, SLS berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan.

Methylisothiazolinone

Inilah penyebab munculnya jerawat, kemerahan, dan iritasi kulit. Bahkan bahan kimia ini erat kaitannya dengan reaksi alergi. Hasil penelitian laboratorium juga menyebutkan bahan ini bersifat neurotoksin, toksin yang beraksi di sel saraf.

 

3 dari 3 halaman

Waspadai bahan kandungan ini yang terdapat dalam produk kecantikan

Bahan-bahan Berbahaya Lainnya

Baca label kemasan dan hindari nama bahan-bahan ini: imidazolidinyl urea, propylene glycol, triclosan, dan formaldehyde.

Yang paling aman tentu saja memilih produk kecantikan organik. Tapi tunggu dulu. Berlabel organik belum tentu benar-benar organik. Meski hanya mengandung 1% bahan organik, sebuah produk masih bisa dikatakan organik. Jadi, memang harus benar-benar mempelajari seluk beluk brand dan produk kecantikannya agar tak ragu apakah benar organik atau tidak. Beberapa brand kecantikan organik yang patut dilirik antara lain Tata Harper, RMS Beauty, Skin Dewi, Spoil Organics, dan Sensatia Botanicals.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.