Sukses

4 Jenis Produk Kecantikan yang Harus Segera Dibuang

Simak produk kecantikan apa saja yang harus dibuang

Liputan6.com, Jakarta Wanita tidak akan pernah lepas dari segala hal berkaitan dengan produk kecantikan. Berbagai produk kecantikan pun beredar di pasaran dengan beragam keunggulan. Namun Anda pun perlu menggunakan produk kecantikan yang tepat, yang sesuai dengan jenis kulit. Sehingga khasiat dari produk kecantikan tersebut berdampak maksimal pada kulit Anda dan pastinya tidak memenuhi lemari Anda.

Dari sekian banyak produk kecantikan yang Anda gunakan, ada beberapa jenis produk kecantikan yang sebaiknya segera untuk dibuang. Seperti dilansir dari Real Simple pada Senin (27/5/2018), ada beberapa indikasi yang membuat Anda harus membuang produk kecantikan. Indikasi apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Produk kecantikan yang kadaluarsa

Banyak produk kecantikan yang tidak menyertakan tanggal kadaluwarsa. Hal itu yang membuat Anda tidak mengetahui sampai kapan produk kecantikan itu aman dipakai. Sebenarnya Anda bisa memprediksikan apakah produk kecantikan itu aman dipakai atau tidak dari tekstur produknya. Jika tekstur dari produk tersebut sudah tidak wajar, maka lebih baik segera dibuang.

2. Produk kecantikan yang membuat kulit iritasi

Jika sebuah produk kecantikan membuat kulit Anda iritasi atau terasa tidak nyaman, lebih baik untuk digunakan lagi. Memang ada beberapa produk yang memberi efek seperti terbakar ketika pertama kali digunakan. Hal ini menjadi bagian dari adaptasi kulit terhadap formula dari produk baru.

Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lebih baik Anda lakukan uji iritasi pada produk kecantikan yang baru. Anda bisa mengoleskan produk kecantikan dengan produk terbaru di belakang lutut atau di bagian perut. Jika memberikan efek iritasi dan alergi, lebih baik jangan digunakan. Anda bisa periksa kembali kandungan dari produk kecantikan tersebut dan konsultasikan dengan dokter kulit.

3 dari 3 halaman

3. Cara penyimpanan yang salah

Ketika menggunakan produk kecantikan, Anda harus memahami tekstur dan formulanya. Sehingga Anda memahami penyimpanan seperti apa yang tepat bagi produk kecantikan. Penyimpanan yang salah akan membuat formula produk kecantikan menjadi berubah dan lebih cepat rusak.

Produk kecantikan yang mengandung retinol dan vitamin C akan lebih bertahan lama jika disimpan di lemari es. Sementara ada beberapa jenis produk lainnya yang tidak boleh terpapar sinar matahari langsung.

4. Produk yang tidak digunakan

Pernahkah Anda salah membeli produk kecantikan? Ketika sekali Anda tidak suka dengan produk kecantikan, baik dari tekstur maupun hasil akhirnya, percayalah Anda tidak akan lagi memakainya. Daripada disimpan, lebih baik dibuang. Jangan sesekali diberikan kepada kerabat Anda. Produk kecantikan seperti lipstik, maskara atau eyeliner, lebih baik langsung dibuang. Karena secara tidak langsung, Anda bisa mentransfer infeksi kepada kerabat Anda melalui produk kecantikan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.