Sukses

Siasat Cerdas Belanja Online Produk Kecantikan, Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Di era yang serba modern ini, apa Anda masih khawatir untuk berbelanja online produk-produk kecantikan? Jika iya, Anda tidak sendirian.

Keluhan yang paling banyak diterima adalah tentang produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi, karena tidak adanya pengalaman untuk melihat dan menyentuh barang secara langsung ketika belanja online, serta keamanan mulai dari proses pembayaran, hingga barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli. Sedangkan menurut data, sepanjang tahun 2017, pasar kecantikan global mengalami peningkatan sebesar 5 persen dan di Indonesia sendiri, biaya sebesar Rp 34,5 miliar dihabiskan untuk produk kecantikan dan fashion.

Berkembangnya teknologi membuat masyarakat juga lebih nyaman belanja online, termasuk produk kecantikan karena dirasa lebih nyaman, menawarkan lebih banyak variasi, perbandingan harga yang cepat, terdapat pilihan pembayaran, dan pengiriman barang yang lebih praktis. L'Oreal sebagai perusahaan kecantikan nomor satu di dunia yang dengan sigap menganggapi tren ini, berhasil menjadi pemimpin e-commerce untuk produk kecantikan.

Menurut data dari L’Oréal Global, ada peningkatan sebesar 33,6 persen di channel e-commerce mereka sepanjang tahun 2017. Peningkatan ini jelas dipengaruhi oleh beberapa hal yang ditawarkan oleh e-commerce itu sendiri, seperti adanya pilihan produk, tren, dan penawaran khusus saat belanja online produk kecantikan.

 

 

1 dari 3 halaman

Siasat cerdas belanja online produk kecantikan

L'Oreal sendiri telah mengaplikasikan beberapa strategi agar para konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk belanja online, yaitu meningkatkan konten, menyediakan review produk, dan informasi lengkap. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang hampir sama dengan toko offline, seperti tester, paket bundle, dan penawaran khusus seperti diskon, serta kolaborasi bersama partner e- commerce dan influencer terpercaya.

Salah satu partner e-commerce yang berkolaborasi dengan L'Oreal adalah Lazada. Menurut Achmad Alkatiri, CMO Lazada Indonesia, masyarakat Indonesia telah mengalami perubahan perilaku berbelanja, yaitu berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, termasuk produk kecantikan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tingginya animo masyarakat ini jugalah yang menempatkan kategori kecantikan sebagai kategori populer di Lazada. Namun, bukan berarti L'Oreal dan Lazada tidak menghadapi tantangan yang berarti.

2 dari 3 halaman

Siasat cerdas belanja online produk kecantikan

Penetrasi internet yang belum menjamah seluruh pelosok negeri, kualitas internet itu sendiri, infrastruktur yang jelas akan mempengaruhi pengiriman barang, pembayaran menggunakan kartu kredit yang masih minim, dan grey market di mana konsumen harus diedukasi untuk bisa memilih platform dan barang yang berkualitas agar tidak tertipu. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk belanja online produk kecantikan adalah mempelajari review dari orang lain, seperti influencer atau blogger dan menggunakan teknologi, seperti teknologi yang bisa memperlihatkan bagaimana produk tertentu jika diaplikasikan di wajah.

Jika Anda masih khawatir untuk belanja online produk- produk kecantikan, cobalah datang ke bazar kecantikan agar dapat mencoba langsung produk yang diinginkan, melihat review orang lain, dan berbelanja di platform yang tepat. L'Oreal sendiri saat ini telah memiliki tiga channel yang berbeda, yaitu situs distributor resmi, situs brand resmi, dan platform pure player, memungkinkan Anda memilih dan mendapatkan penawaran terbaik ketika belanja online produk kecantikan.

Artikel Selanjutnya
Cara Baru Belanja Online yang Lebih Interaktif di Bulan Ramadan 2018
Artikel Selanjutnya
6 Tips Belanja Online Agar Hemat Selama Ramadan