Sukses

Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan makeup saat sedang pakai lensa kontak mengundang resiko timbulnya iritasi mata. Misalnya saat serpihan eyeshadow jatuh di bawah lensa kontak atau justru menempel di lensa kontak. Berikut adalah cara yang tepat untuk aplikasi makeup tanpa menimbulkan iritasi di mata seperti dilansir dari Allure.com, Selasa (4/10/2016).

1. Cuci tangan
Hal yang teramat penting. Pastikan tangan Anda bersih dan 100 persen kering sebelum pakai lensa kontak. Karena air keran berpotensi untuk mengandung parasit jenis Acanthamoeba yang sangat berbahaya bagi mata, jadi jangan biarkan lensa kontak atau wadahnya kena air keran.

2.Pakai produk oil-free
Untuk produk makeup sekitar mata pilih yang tanpa kandungan minyak. Pelembap mata dan eye shadow banyak yang mengandung minyak, dan walaupun tak berbahaya untuk mata tapi bisa membuat permukaan lensa jadi keruh.

3. Jauhkan makeup dari Lid Ledge
Apakah Lid Ledge? Ini adalah bagian dalam dari kelopak mata, bagian yang menyentuh permukaan bola mata. Di sini letak kelenjar minyak di mata dan jika terhalang, maka akan menimbulkan masalah kering di mata, lensa yang kotor dan akhirnya infeksi mata.
Karena itu saat pakai lensa kontak, tak dianjurkan untuk mengaplikasi eyeliner pada bagian dalam kelopak mata.

4. Pilih maskara
Jangan pilih maskara yang mengandung fiber (serat) untuk menambah panjang bulu mata. Serat-serat tersebut dapat jatuh berguguran dan terperangkap di bawah lensa.

5. Rajin bersihkan
Selain membilas dan menggosok lensa kontak dengan cairan pembersihnya selama 15-20 detik, bersihkan juga wadah dan bagian dalam dari tutup wadah. Banyak kasus infeksi mata di mana bakterinya bermula dari bagian dalam tutup wadah.

Ardi Suryaatmaja