Sukses

Muffest Indonesia Siapkan Indonesia Jadi Pusat Mode Muslim Dunia

Liputan6.com, Jakarta Desainer busana muslim Indonesia tak hanya unjuk gigi di dalam negeri, beberapa di antaranya menunjukkan taringnya sampai luar negeri. Ya, industri modest wear menjadi salah satu yang paling bersinar sekarang. Untuk mendukung para desainer dan industri modest wear, terciptalah event Muslim Fashion Festival Indonesia atau Muffest Indonesia yang bertujuan membawa Indonesia menjadi pusat mode busana muslim. 

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di dunia, tidak berlebihan rasanya jika Indonesia ingin menjadi salah satu pusat busana muslim dunia. Para desainer berlomba-lomba menciptakan inovasi dan tren baru, agar busana muslim Indonesia tidak terasa membosankan.

Tak ingin cepat berpuas diri, Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Hijabers Mom Community (HMC) sebagai pelaku mode bekerja sama dengan pemerintah dan stakeholder membuat event bertajuk Muslim Fashion Festival Indonesia atau Muffest Indonesia. Acara tersebut digelar di Plaza Tenggara dan Selatan Senayan, Jakarta pada 25 sampai 29 Mei 2016.

Muffest Indonesia akan menampilkan show Trend Busana Muslim 2017 dengan 30 slot fashion show, seminar, workshop, dan exhibition. Acara ini diikuti oleh lebih dari 400 label pelaku industri mode busana muslim dan garmen.

Tidak hanya itu, Muffest Indonesia akan menampilkan koleksi busana muslim dari 200 desainer seperti Restu Anggraini, Irna Mutiara, Monika Jufry, Najua Yanti, Hannie Hananto , Nuniek Mawardi, Dian Pelangi, Ria Miranda, Zaskia Adya Mecca, dan Nur Zahra.

Muffest Indonesia, MIsi Indonesia Sebagai Pusat Mode Muslim Dunia

Muffest Indonesia kali ini juga menggandeng Islamic Fashion dan Design Council (IFDC) untuk menampilkan karya dari luar negeri. Sebab IFDC memiliki jaringan busana muslim secara global seperti di Turki, Afrika Selatan, Rusia, Italia, Inggris, Timur Tengah, dan Amerika.

Kosmetik Wardah pun kembali ambil bagian sebagai official makeup dan hair do. Wardah juga konsisten memberikan andil besar dalam perkembangan busana muslim Indonesia dengan mengantarkan karya desainer Indonesia ke pasar global, seperti acara Jakarta Fashion Week 2016 yang baru saja berlangsung.

Tidak hanya Wardah, Elhijab juga tidak ingin kalah berpartisipasi dalam acara ini sebagai bagian dari kampanyenya 'Hijab for the world.'

Muffest Indonesia, MIsi Indonesia Sebagai Pusat Mode Muslim Dunia

Muffest Indonesia diharapkan sebagai pembuka jalan membawa Indonesia menjadi pusat mode busana muslim di dunia pada tahun 2020. Hal ini tampaknya serius, dilihat dengan kerjasama antara Muffest Indonesia bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pariwisata untuk mencapai cita-cita tersebut.