Sukses

Ini 9 Mitos Payudara yang Tidak Perlu Anda Khawatirkan Lagi

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang perempuan, Anda pasti telah mendengar banyak hal tentang payudara Anda. Faktanya, banyak diantara hal tersebut salah. Ini tidak hanya membingungkan, namun informasi yang salah mengenai payudara dapat menimbulkan komplikasi kesehatan.

Dilansir dari sheknows.com, Jumat (18/3/2016), berikut ini adalah beberapa mitos tentang payudara yang salah berdasarkan Dr. Neelima Denduluri, seorang ahli payudara dari US Oncology Network Breast Cancer Research Committee.

1. Proses menyusui dapat merusak payudara Anda
Dr. Neelima mengatakan bahwa hal ini tidak benar. Payudara Anda akan berubah drastis saat hamil dan saat air susu mulai keluar, baik Anda memutuskan untuk menyusui maupun tidak. Bahkan Dr. Neelima menambahkan bahwa beberapa penelitian membuktikan bahwa menyusui dapat melindungi payudara Anda dari resiko terkena kanker payudara.

2. Berlari, melompat dan latihan kebugaran lain dapat merusak payudara Anda
Faktanya, penuaan adalah satu-satunya hal yang dapat merusak payudara Anda. Tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa latihan kebugaran apapun dapat membuat payudara Anda kendur atau bahkan melukai mereka.
Dr. Neelima mengatakan bahwa usia tua adalah alasan utama dari perubahan bentuk dan tampilan payudara Anda.
Hal yang perlu diingat, perubahan payudara adalah hal yang normal selama Anda menjalani hidup dan berolahraga adalah cara yang paling tepat untuk memastikan bahwa payudara Anda sehat.

3. Anda dapat melihat atau merasakan ketika terkena kanker payudara
Ini merupakan alasan mengapa ada pemeriksaan payudara mandiri, dan hal ini belum tentu akurat. Dr. Neelima mengatakan bahwa terkadang massa payudara tidak dapat ditemukan melalui pemeriksaan.
"Inilah mengapa mamografi sangat penting, namun bukan berarti pemeriksaan mandiri tidak penting," papar Dr. Neelima.
Penting untuk mengetahui apa yang biasa Anda rasakan pada payudara, sehingga apabila terjadi perubahan, Anda dapat segera memeriksakannya ke dokter.

4. Perempuan dengan payudara kecil tidak memerlukan bra
Ada beberapa perempuan yang merasa nyaman dengan bantuan bra, namun tidak sedikit mereka yang menganggap bahwa bra hanya menyebabkan sakit pada leher, pundak, dan tulang belakang mereka. Faktanya, tidak ada alasan kesehatan untuk memakai sebuah bra. Memakai sebuah bra adalah keputusan pribadi, dan tidak ada ukuran payudara yang dapat menghambat Anda untuk menggunakan bra.

5. Bra dengan kawat dapat menyebabkan kanker payudara
Setiap perempuan yang pernah memakai sebuah bra mungkin pernah mendengar tentang mitos yang satu ini. Satu-satunya hal antara bra dan kanker payudara yang memiliki kesamaan adalah mereka terdapat di dada.
Faktanya adalah bra berkawat tidak dapat menyebabkan kanker, bahkan jenis bra apapun tidak ada hubungannya dengan kanker payudara.

6. Perubahan bentuk puting menandakan sesuatu terjadi pada diri Anda
Faktanya, beberapa perempuan memiliki bentuk puting yang aneh sejak lahir. Sehingga Dr. Neelima mengatakan bahwa ketika Anda menemukan bentuk puting Anda berubah, Anda tidak perlu khawatir. Namun, ia menambahkan jika secara tiba-tiba puting Anda masuk ke dalam, itu dapat menjadi tanda dari kanker payudara, dan Anda harus menghubungi dokter.

7. Berat badan naik berarti payudara membesar
Faktanya, hal ini tidak benar. Namun, banyak perempuan menaikkan berat badan mereka untuk mendapatkan payudara yang lebih besar.

8. Ada krim, minuman, dan latihan tertentu yang dapat membesarkan payudara
Tidak, hal ini tidak benar. Bahkan tidak ada satu hal pun yang benar di sini. Dan yang lebih buruk, banyak dari obat-obatan ini mengandung bahan-bahan berbahaya untuk tubuh. Jauhi cara-cara cepat untuk memperbesar payudara dan simpan uang Anda untuk hal-hal yang lebih berguna.

9. Tidur dengan bra dapat mencegah payudara menjadi kendur
Memakai bra saat berdiri atau bergerak memang dapat membantu mencegah payudara Anda menjadi kendur. Namun, memakainya saat tertidur tidak akan menimbulkan hal apapun. Jika tidur memakai bra dapat membuat Anda nyaman, lakukanlah. Sebaliknya, jika hal tersebut mengganggu Anda, maka lepaskanlah saat Anda akan pergi tidur.

Loading