Sukses

Mengintip Paris Fashion Week 2014: Ada 5 Desainer Indonesia

Pada acara fashion paling bergengsi, Paris Fashion Week 2014, ada 5 desainer Indonesia yang akan menampilkan koleksinya.

Paris Paris Fashion Week 2014 telah dibuka. Di antara the Big Four Fashion Weeks, yakni Fashion weeks di New York, London, Milan, dan Paris, Paris Fashion Week dianggap sebagai Fashion Week utama. Angggapan ini tidaklah mengherankan sebab reputasi fashion perancis sudah begitu lama terbentuk.

 

Dikatakan pada halaman online Vogue UK, dikutip Rabu (26/02/14), satu hal yang akan menjadi sorotan adalah debut Nicolas Ghesquire di rumah mode Louis Vuitton. Selama 16 tahun, koleksi Louis Vuitton dikepalai oleh Marc Jacobs. Marc Jacobs adalah desainer asal Amerika yang lahir pada 9 April 1963. Marc menjabat sebagai Creative Director dari Louis Vuitton sejak tahun 1997 sampai dengan tahun 2013.

 

Nicolas Ghesquire lahir di Prancis pada tahun 1971. Selama 2 tahun (1990 – 1992), Ghesquire bekerja sebagai asisten dari desainer ternama Jean-Paul Gaultier. Pada usianya yang ke-25, rumah mode Balenciaga menunjukknya sebagai Creative Director.

 

Ghesquiere dikenal sebagai seorang desainer yang membawa rasa moderenitas baru pada label Balenciaga. Oleh karena itu, banyak orang yang mengharap Ghesquire dapat memberikan originalitas visi bagi rumah mode barunya Louis Vuitton yang shownya akan berlangsung pada 5 Maret 2014.

 

Sebelum show Louis Vuitton dimulai, Paris Fashion week memiliki berbagai karya dengan inovasi-inovasi dari sederet rumah mode lain, mulai dari Balenciaga, Lanvin, sampai Jean Paul Gaultier. Di acara ini juga terdapat show dari Stella McCartney, Givenchy, Alexander McQueen, dan Valentino. Label-label lain seperti Celine, Kenzo, dan Saint Laurent juga ikut berpatisipasi dalam Paris Fashion Week 2014.

 

Paris Fashion Week adalah sebuah acara fashion yang diselenggarakan oleh Federasi Fashion Prancis. Federasi ini dibentuk pada tahun 1973. Federasi ini juga memiliki sekolah fashion bernama Ecole de la chambre syndicale de la couture parisienne. Di Perancis penggunaan istilah Haute Couture (high fashion) memiliki aturan sendiri. Federasi Fashion Prancis inilah yang dapat mengesahkan apakah sebuah rumah mode dapat dikatakan sebagai haute couture atau tidak.

 

Pada acara fashion paling bergengsi, Paris Fashion Week 2014, ada 5 desainer Indonesia yang akan menampilkan koleksinya. Kelima desainer tersebut adalah Tex Saverio, Major Minor, Toton, Vinora, dan Yosafat Dwi Kurniawan. Di antara kelima perancang busana asal Indonesia itu, Tex Saverio mendapat kesempatan berharga untuk menampilkan koleksinya melalui sebuah fashion show.

 

Turut sertanya 5 perancang fashion Indonesia di ajang fashion bergengsi kelas dunia, Paris Fashion Week 2014, merupakan sebuah bukti bahwa Indonesia mendapat perhatian dari dunia fashion internasional. Kesempatan ini tentu merupakan kesempatan emas bagi kelima desainer tersebut untuk menunjukkan kualitas perancang-perancang Indonesia yang tidak kalah dengan kualitas perancang-perancang besar dari negara-negara tempat ibu kota fashion berada. Maju terus Fashion Indonesia!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.