Sukses

Mudik Gratis Lewat Jalur Udara, 17 Penyandang Disabilitas Difasilitasi Kemenhub

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni menyampaikan, ke-17 orang penyandang disabilitas itu mudik ke berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah 17 orang penyandang disabilitas mudik gratis Lebaran 2024 melalui jalur transportasi udara. Hal ini terjadi atas kerja sama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan operator penerbangan.

Disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni, ke-17 orang penyandang disabilitas itu mudik ke berbagai daerah.

"Ini ada 17 orang (penyandang disabilitas yang difasilitasi mudik gratis), berbagai macam maskapai penerbangan, supaya semua maskapai bersinergi, rutenya juga berbagai daerah," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni saat pelepasan "Mudik Inklusi Ramah Disabilitas melalui Angkutan Udara" di Jakarta, Kamis, dilansir Antara.

Kristi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan kepada belasan penyandang disabilitas, sehingga dapat merasa aman dan nyaman selama pemberangkatan, penerbangan, hingga sampai ke kota atau daerah yang dituju saat mudik Lebaran.

"Supaya teman-teman juga nyaman karena moto mudik kita yaitu 'Mudik Ceria Penuh Makna', tetapi kita ada juga kenyamanan. Jadi, untuk keberangkatan, ketibaan saya mohon untuk sangat diperhatikan, untuk membuat nyaman teman-teman, ini adalah bagian dari persahabatan kita," ucapnya.

Ke depan, menurut Kristi pihaknya akan menggandeng mitra penerbangan seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan Airnav sehingga lebih banyak penyandang disabilitas yag bisa menikmati mudik gratis baik saat Lebaran maupun ketika Natal dan tahun baru.

"Kalau ini memang hanya 17, karena memang baru dua bulan yang lalu kami mendengar yang ini. Nanti, kami akan libatkan stakeholder udara untuk ini, karena menurut saya ini bagus, ini sebagai persahabatan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Ada Tambahan Kuota ke Depannya

Belasan penyandang disabilitas akan mudik ke berbagai daerah di antaranya rute Jakarta-Banda Aceh pulang pergi, Jakarta-Lampung pulang pergi, Jakarta-Pangkal Pinang pulang pergi, Jakarta-Padang pulang pergi, dan Jakarta-Medan pulang pergi, dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Indonesia Air Asia, Citilink, Pelita Air, Sriwijaya Air, dan Super Air Jet.

Salah seorag penyandang disabilitas Catur Sigit Nugroho, bersyukur dengan adanya fasilitas dari Kemenhub dalam mudik Lebaran ini. Menurutnya dari 17 orang yang diberangkatkan ada yang sudah 10 bahkan 15 tahun belum mudik Lebaran karena keterbatasan diri serta harga tiket.

"Kami sangat berterima kasih untuk terlaksananya kegiatan ini. Dari teman-teman yang ada di sini ada yang udah lama belum pulang, ada yang sudah sampai 15 tahun, 10 tahun belum pulang, karena memang keterbatasan dari kami disabilitas. Tiket juga lumayan mahal bagi kami," ucapnya.

Dia berharap kuota mudik gratis nantinya bisa lebih banyak sehingga dapat membantu penyandang disabiltias mudik Lebaran atau pun Natal dan tahun baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini