Sukses

Dibantu Mahfud MD, Warga Disabilitas Asal Depok Jabar Jadi Bisa Gunakan Hak Pilih di TPS Sleman

Berkat pendampingan dari tim Mahfud MD, warga difabel asal Depok Jabar pada tanggal 14 Februari nanti bisa ikut mencoblos dalam Pemilu 2024 di wilayah KPU Sleman.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penyandang disabilitas asal Depok, Jawa Barat mengungkapkan masalah yang dihadapinya terkait hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dalam acara Tabrak Prof! yang diadakan di Koat Kopi, Seturan, Sleman, DI Yogyakarta pada Senin (5/2), pria tersebut mengaku hampir kehilangan hak pilihnya.

Warga yang diketahui bernama Destares Iskandar itu sengaja datang guna mengadu pada Mahfud MD yang hadir sebagai Calon Wakil Presiden 03 untuk berdialog dengan warga.

Kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut, Destares mengungkapkan bahwa ia mengalami penolakan di KPUD saat mengurus surat pindah untuk memilih di Yogyakarta. Padahal sebagai difabel, ia sedang menjalani pengobatan di kota pelajar tersebut.

Setelah mendengar dan menjawab keluhan penyandang disabilitas ini, Mahfud MD pun meminta timnya untuk membantu mengurus kepindahan warga tersebut.

"Bapak tetap punya hak untuk memilih dalam Pemilu, dan untuk pindah lokasi masih bisa diusahakan sampai tanggal tujuh Februari, besok tim saya akan membantu Bapak," ujar Mahfud yang disambut suka cita oleh Destares.

Hari Selasa ini, warga Depok tersebut mengirimkan ucapan terima kasih kepada Mahfud MD karena sudah membantunya dalam pengurusan pindah tempat mencoblos. Berkat pendampingan dari tim Mahfud MD, Destares pada tanggal 14 Februari nanti bisa memilih di wilayah KPU Sleman.

"Kepada Prof Mahfud MD saya ingin mengucapkan terima kasih karena berkat bapaklah saya akhirnya kembali mendapatkan hak pilih saya di Pemilu ini, dibantu oleh tim Bapak, murid-murid Bapak yang betul-betul luar biasa membantu saya," kata Destares, dikutip dari keterangan yang diterima Liputan6.com. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Nyaris Putus Asa

Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah sempat putus asa dan ingin melepas hak konstitusionalnya pada Pemilu 2024 nanti. Sebab, ia menilai, tidak bisa memilih karena sedang sakit dan tidak berada di kota asalnya, Depok.

Namun, berkat bantuan Tim Animasi, pada Pemilu kali ini ia tetap bisa memberikan suaranya. Tim Animasi (Anak Ideologis Mahfud MD se Indonesia) merupakan murid-murid Mahfud MD yang berasal dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka mendampingi Destares mengurus surat pindah memilih di KPU Sleman.

Itu sebabnya, warga penyandang disabilitas ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Cawapres pasangan Ganjar Pranowo tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada bapak dan tim bapak yang luar biasa sekali dalam menolong saya, saya merasa bahagia karena hak konstitusional saya, saya dapatkan lagi, dan saya bisa mengikuti pemilu di Daerah Istimewa Yogyakarta di Sleman, ini buktinya," ujar Pak Ides.

 

3 dari 3 halaman

Dapat Jaket Bomber

Destares juga mengucapkan terima kasih karena diberi jaket bomber khas paslon 3 oleh Mahfud MD kepadanya di akhir acara Tabrak Prof! tersebut.

"Jadi, bapak, terima kasih sekali atas jasa bapak dan murid-murid bapak, mudah-mudahan perjuangan kita menghasilkan, karena jujur saya dari dulu adalah pengagum bapak. Walau bapak tidak mengenal saya sebelumnya yang membuat saya terharu, bapak memberi saya jaket, itu luar biasa pak," kata Pak Ides.

Koordinator Animasi, Hanif Muhammad menjelaskan, Destares sebelumnya menderita stroke dan tumor sehingga diminta berobat ke Yogya. Ia sudah pernah menjalani rawat inap di RS Bethesda dan di RS Sardjito, bahkan pengobatan terakhir dijalani baru Desember lalu.

"Alhamdulillah, formulir A5 pagi tadi sudah dapat, Pak Destares bisa memilih nanti di TPS 15, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY," ujar Hanif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini