Sukses

Disabilitas Netra Jabar Beri Dukungan Moral bagi Rakyat Palestina yang Tengah Hadapi Konflik dengan Israel

Salah satu kelompok disabilitas yang memberi perhatian pada warga Gaza di Palestina adalah Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Dukungan bagi Palestina diberikan oleh banyak masyarakat Indonesia termasuk dari kelompok penyandang disabilitas.

Salah satu kelompok disabilitas yang memberi perhatian pada warga Gaza di Palestina adalah Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat. Ini dilakukan dengan penyelenggaraan serangkaian kegiatan sosial.

Tujuannya, memberikan kontribusi positif bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di Indonesia dan dukungan bagi Palestina.

“Kali ini, ITMI Jawa Barat menggelar kegiatan sosialisasi dan uji terap modul Al-Quran Braille, Tunanetra Bela Palestina, serta Tunanetra Donor Darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung,” mengutip keterangan pers ITMI, Kamis (9/11/2023).

ITMI Jawa Barat rencananya menggelar acara "Tunanetra Bela Palestina" pada 25 November mendatang guna memberikan dukungan moral dan solidaritas kepada rakyat Palestina. Seperti diketahui, rakyat Palestina sedang menghadapi tantangan berat akibat serangan Israel.

Dalam acara ini, tunanetra Muslim di Jawa Barat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti ceramah, pernyataan sikap, dan penggalangan dana untuk membantu Palestina.

“Melalui kegiatan ini, Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Jawa Barat berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya membantu masyarakat Palestina yang membutuhkan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Aksesibilitas Terhadap Al Quran bagi Disabilitas Netra

Di samping itu, ITMI juga berupaya meningkatkan pemahaman dan aksesibilitas terhadap Al-Quran bagi tunanetra.

“ITMI Jawa Barat mengadakan sosialisasi dan uji terap modul Al-Quran Braille. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang Al-Quran kepada tunanetra Muslim di Jawa Barat,” tulis keterangan yang sama.

Modul Al-Quran Braille yang diuji terap ini merupakan hasil kerja sama antara ITMI Jawa Barat dengan pihak-pihak terkait, dengan tujuan memastikan kemudahan akses terhadap Al-Quran bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan.

3 dari 4 halaman

Gelar Donor Darah

Selain fokus pada kegiatan keagamaan, ITMI Jawa Barat juga memberikan kontribusi positif dalam ranah kemanusiaan.

Dalam kegiatan "Tunanetra Donor Darah ke PMI Kota Bandung" anggota ITMI Jawa Barat yang memiliki kualifikasi untuk mendonorkan darah mereka dengan sukarela.

Penyandang disabilitas netra dapat berpartisipasi dalam aksi donor darah yang diselenggarakan atas kerja sama dengan PMI Kota Bandung.

“Donor darah ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah bagi mereka yang membutuhkan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi sosial seperti ini.

4 dari 4 halaman

Kepedulian pada Sesama

Kegiatan yang diselenggarakan oleh ITMI Jawa Barat ini merupakan bukti nyata akan semangat dan kepedulian mereka terhadap sesama.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, ITMI Jawa Barat bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk institusi keagamaan, lembaga sosial, dan organisasi kemanusiaan.

Tujuannya tak lain mencapai tujuan bersama dalam membantu dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Diharapkan kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi tunanetra Muslim di Jawa Barat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk turut berpartisipasi dalam upaya membantu mereka yang membutuhkan.”

ITMI Jawa Barat ingin kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam mewujudkan inklusi sosial dan keadilan bagi tunanetra Muslim serta masyarakat yang membutuhkan di Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.