Sukses

Miliki Peran Strategis, Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas dapat Dukungan dari Kemensos RI

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas perlu mendapat dukungan, pengembangan, serta pendayagunaan.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas (LKSPD) memiliki peran strategis baik pada pelaksanaan rehabilitasi sosial (fungsi pencegahan) maupun dalam tugas konseling.

Peran penting ini melatarbelakangi Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk menjalin kemitraan dengan LKSPD.

Terkait hal ini Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, LKSPD perlu mendapat dukungan, pengembangan, serta pendayagunaan.

Sejalan dengan arahan Risma, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico menekankan kebijakan integrasi program di Kemensos untuk meningkatkan koordinasi dan komplementaritas antar program.

Kepada pengurus LKSPD di 14 provinsi, Robben meminta mereka memastikan bantuan sosial memberikan daya ungkit dan manfaat untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan bagi keluarga penerima manfaat.

“Pastikan penyandang disabilitas mendapatkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak. Kemudian perkuat sistem rehabilitasi sosial yang terintegrasi dengan jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial penyandang disabilitas,“ kata Robben di sela-sela kegiatan “Peningkatan Kapasitas Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas” di Makassar, mengutip keterangan resmi, Kamis (24/8/2023).

Robben juga menekankan agar pengurus LKSPD yang hadir ketika kembali ke daerahnya dapat segera memanfaatkan kebijakan maupun program Kemensos untuk meningkatkan taraf hidup penyandang disabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan dari KND RI

Kolaborasi Kemensos dan LKSPD tak luput dari perhatian Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) Dante Rigmalia.

Perempuan penyandang disleksia dan hard of hearing (HoH) itu menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik atas apa yang dilakukan oleh Kementerian Sosial.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kemensos bagi teman-teman yang tergabung dalam LKSPD, sehingga teman-teman memiliki perspektif yang baik tentang bagaimana mengelola LKSPD-nya serta terhadap pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas,” katanya.

3 dari 4 halaman

Tantangan Terbesar Adalah Stigma Masyarakat

Dante menambahkan, tantangan terbesar bagi penyandang disabilitas adalah stigma masyarakat.

“Stigma terhadap penyandang disabilitas masih negatif, misalnya saja pendataan. Ketika dikonfirmasi keluarga yang bersangkutan menyatakan tidak ada. Hal ini dapat terjadi karena bisa saja keluarga tersebut malu sehingga ditutup-tutupi,” katanya.

Kepada LKSPD, Dante meminta mereka mendampingi serta memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas dalam memenuhi hak-hak hidupnya.

“Meningkatkan kapasitas diri untuk lebih paham bentuk dukungan yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan juga lebih mengadvokasi kepada semua pihak termasuk pemerintah untuk bisa memperbaiki dan meningkatkan upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” katanya.

Peran tersebut akan berjalan dengan baik apabila organisasi yang dimaksud mendapatkan ruang untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan pembangunan inklusif. Selain itu, fungsi-fungsi krusial ini harus diiringi dengan peningkatan kapasitas kelembagaan.

4 dari 4 halaman

Contoh Praktik Baik LKSPD

Salah satu peserta, Roy Martinwadi mengaku biasa mendampingi para penyandang disabilitas di wilayahnya agar mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan penyandang disabilitas untuk dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dengan begitu, penyandang disabilitas dapat menerima bantuan sosial.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan mendengarkan masukan dari berbagai narasumber, pria 32 tahun ini akan membentuk kelompok masyarakat (POKMAS). Dengan wadah tersebut, pria asal Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, itu akan memperkuat program Kemensos, yakni program permakanan.

“Saya akan bentuk POKMAS untuk pemberian bantuan permakanan, dan kedua mendapatkan akreditasi untuk LKSPD,” katanya

Ini sejalan dengan peraturan Menteri Sosial nomor 1 tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Sosial. Yang mengamanatkan bahwa salah satu tugas Kemensos adalah untuk meningkatkan kapasitas manajemen organisasi pada LKSPD. Sehingga, mampu memberikan pelayanan rehabilitasi sosial terstandar dalam upaya penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Pelatihan dan pendampingan secara terus menerus oleh Kemensos merupakan kegiatan kunci dalam memberdayakan dan meningkatkan kapasitas LKSPD untuk mengembangkan partisipasi publik yang inklusif. Guna memengaruhi kebijakan dan arah program kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas dari pemerintah lokal maupun aktor-aktor pembangunan strategis lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.