Sukses

Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Kemenpora Pastikan Bonus bagi Atlet Disabilitas Setara

Potensi atlet disabilitas Indonesia memang tak bisa diragukan. Mereka berhasil mengharumkan negeri dengan mencapai gelar juara umum di ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta Potensi atlet disabilitas Indonesia memang tak bisa diragukan. Mereka berhasil mengharumkan negeri dengan mencapai gelar juara umum di ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Pada Sabtu sore, 10 Juni, kontingen para games Indonesia tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Dan disambut oleh perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Sesmenpora Gunawan Suswantoro.

Gunawan merasa bangga bisa menjemput para atlet yang sudah berjuang di Kamboja.

"Saya hari ini mewakili Menpora Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di Asean Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick,” kata Gunawan mengutip keterangan resmi Kemenpora, Minggu (11/6/2023).

“Ditambah lagi, banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti," tambahnya.

Kerja keras para atlet disabilitas pun diapresiasi dengan pemberian bonus. Menurut Gunawan, bonus yang akan diberikan pemerintah nanti jumlahnya setara dengan bonus yang diberikan kepada atlet SEA Games 2023 Kamboja.

"Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja, Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet Asean Para Games kita," ujar Sesmenpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawa Pulang 159 Medali Emas

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dan kokoh di posisi teratas dengan raihan 159 medali emas, 148 medali perak, dan 94 medali perunggu.

Di posisi kedua ada Thailand yang menempati peringkat kedua. Negara Gajah Putih meraih 126 medali emas, 110 perak, dan 92 perunggu.

Di peringkat ketiga ada Vietnam dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu. Sementara tuan rumah, Kamboja berada di posisi kedelapan dengan 9 emas, 18 perak dan 43 perunggu.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Dengan capaian ini, artinya Indonesia telah tiga kali berturut-turut menjadi juara umum alias hattrick.

Sebelumnya, Indonesia meraih gelar juara umum di Malaysia pada 2017 serta tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Kontingen Merah Putih berkekuatan 268 atlet dengan mengikuti 12 dari 14 cabor yang dipertandingkan. Total kontingen Indonesia berjumlah 500 orang.

4 dari 4 halaman

Perjuangan Luar Biasa

Chef de Mission (CdM) Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Andi Herman menyampaikan, hasil yang dicapai oleh atlet Asean Para Games 2023 Kamboja kali ini sangat luar biasa.

"Perjuangan para atlet sangat luar biasa di Asean Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan perolehan medali yang melampaui target, Indonesia juga hattrick menjadi juara umum,” kata Andi.

“Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.