Sukses

Karya Seni Gajah Tanpa Belalai di Korea Memiliki Makna Inklusif Di Baliknya

Pemandangan berbeda terlihat di Gwangju Biennale ke-14, Korea Selatan. Karya berjudul Elephant Without Trunk karya seniman Korea Selatan Oum Jeongsoon seolah menyihir pengunjung untuk mendekati dan bahkan menyentuh patung putih tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan berbeda terlihat di Gwangju Biennale ke-14, Korea Selatan. Karya berjudul Elephant Without Trunk karya seniman Korea Selatan Oum Jeongsoon seolah menyihir pengunjung untuk mendekati dan bahkan menyentuh patung putih yang memiliki makna mendalam bagi penyandang disabilitas tersebut.

Wol dan kain menutupi kerangka besi berukuran 3m x 3m, 500kg. Sosok itu tampak familier sekaligus asing: telinganya yang besar dan kakinya yang tebal langsung dapat dikenali tetapi tidak ada ekor, belalai, atau wajahnya. Setiap orang yang menyentuhnya akan merasakan suatu sensasi.

Dilansir dari The Guardian, karya seni gajah tersebut memenangkan hadiah Park Seo-Bo – penamaan dari salah satu artis kontemporer terkemuka Korea sebesar US$100.000.

Kompetisi seni ini merupakan bagian dari proyek "Another Way of Seeing" yang memperkenalkan cara baru penikmat seni memahami dunia.

“Dalam karir seni saya, saya biasanya berurusan dengan topik tentang apa artinya melihat,” kata Oum.

Beberapa hari setelah pengumuman hadiah, sang seniman yang lahir di provinsi Chungju pada tahun 1961 tersebut mengatakan bahwa karyanya adalah proses alami untuk juga mempertanyakan apa artinya tidak melihat.”

Oum memulai proyek Another Way of Seeing sejak tahun 1996. Ia merupakan guru seni untuk siswa sekolah tunanetra sebelum memulai studionya sendiri.

Sejak 2008, ia terpesona dengan gajah pertama yang ada di semenanjung Korea. Gajah ini merupakan hadiah dari Jepang untuk Korea 600 tahun lalu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mewakili Suara Minoritas

Karyanya yang memenangkan penghargaan, kata dia, mewakili situasi minoritas saat ini di Korea.

"Saya melihat kesamaan antara kelompok tertindas dan gajah, yang berkeliaran sebagai orang asing," katanya.

Sebelumnya, lokakarya gajah pertama Oum berlangsung di kebun binatang Uchi Park, Gwangju. Siswa tunanetra menyentuh gajah buatannya dan membagikan apa yang mereka rasakan melalui seni.

“Kami menghabiskan empat hari di cagar alam, membersihkan kotoran hewan dan makan bersama. Selama waktu itu, mereka tidak hanya menyentuh, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mendengar dan mencium,” kata Oum. “Karena hewan dan siswa sama-sama memiliki disabilitas, ketika siswa diminta untuk membuat narasi, mereka sangat bisa bersimpati dengan gajah dan membuat produk yang fenomenal.”

 

3 dari 3 halaman

Kenapa Gajah yang Dibuat Tak Memiliki Hidung?

Karya-karya Oum yang terinspirasi oleh lokakarya ini mencakup lukisan dan media campuran, yang menggambarkan gajah dalam berbagai tahap perjalanannya. Ditugaskan untuk Biennale Gwangju, Elephant Without Trunk mencakup tiga karya terkait – beberapa karya lama yang baru saja dilapisi wol. Ketiadaan ekor memaksa perspektif baru dari bentuk yang sudah dikenal.

“Ketika kita memvisualisasikan seekor gajah, hal pertama yang kita pikirkan adalah hidungnya,” kata Oum. “Ini mewakili kekuatan dan hierarki, dan saya ingin membuat hubungan dengan masyarakat kita: saat kita menyingkirkan struktur kekuasaan, apa yang akan kita lihat?”

Kebijaksanaan karya tersebut mengundang penonton untuk merasakan hewan melalui indera yang berbeda. Aku dibanjiri keheranan seperti anak kecil saat aku merasakan wol di bawah jariku, memejamkan mata untuk membenamkan diriku sepenuhnya. "Saat Anda menyentuh wol, Anda langsung merasakan sesuatu di dalam diri Anda," kata Oum.

Tentu saja, karya biasanya tidak boleh disentuh demi pelestarian sebuah karya seni. Apakah ada kekhawatiran tentang degradasi? “Saat saya membuat karya ini, saya berasumsi akan ada kerusakan,” kata Oum. “Saya cukup kaget melihat beberapa kerusakan sudah terjadi tapi saya juga senang, karena itu berarti banyak orang datang untuk melihat karya saya.” Karya seni ini akan membutuhkan perawatan rutin karena akan terus dipajang di biennale.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.