Sukses

Sering Mandi Air Dingin Malam Hari, Pria Vietnam Tiba-Tiba Kehilangan Pendengaran

Seorang pria Vietnam berusia 30 tahun mengalami gangguan pendengaran tiba-tiba di telinga kirinya saat mandi air dingin di malam hari. Dan hanya dalam dua hari berselang, pendengarannya terganggu secara permanen.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Vietnam berusia 30 tahun mengalami gangguan pendengaran tiba-tiba di telinga kirinya saat mandi air dingin di malam hari. Dan hanya dalam dua hari berselang, pendengarannya terganggu secara permanen.

Pakar medis dari Departemen Otorhinolaryngology di Hong Ngoc General Hospital di Vietnam mengidentifikasi bahwa pasien kehilangan pendengaran akibat rutinitasnya mandi air dingin di malam hari.

"Air dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan sirkulasi darah di dalam telinga bagian dalam mengalami gangguan pendengaran yang tiba-tiba dan parah", jelasnya, dilansir dari The Thaiger, Senin (1/5/2023).

Menurut para dokter, masa pengobatan yang sesuai untuk kasus tersebut adalah dalam waktu 24 sampai 48 jam setelah munculnya gejala yang tidak normal. Dalam kasus khusus ini, pasien tidak segera mencari pertolongan medis setelah menyadari kehilangan pendengarannya. Sehingga itu menyebabkan dirinya kehilangan kesempatan kritis untuk perawatan dan meningkatkan kemungkinan kerusakan pendengaran permanen.

Alih-alih metode tradisional dengan menyuntikkan dan memberikan obat secara oral, para dokter meresepkan injeksi kortikosteroid melalui liang telinga. Perawatan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah di telinga bagian dalam dan memperbaiki sel saraf yang rusak.

Menurut laporan Sanook, setelah tujuh hari dirawat, kondisi pendengaran pasien membaik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Mencari Pertolongan Medis

Para profesional medis menyoroti bahwa gangguan pendengaran mendadak sering terjadi di satu telinga dan paling terlihat di pagi hari saat bangun tidur. Kondisi medis darurat ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Oleh karena itu, jika seseorang mengalami gejala abnormal seperti gangguan pendengaran, telinga tersumbat, pusing, atau tekanan di telinga, sangat penting untuk mencari bantuan medis dari rumah sakit untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang tepat.

 

 

3 dari 3 halaman

Peringatan untuk Memperhatikan Kebiasaan Mandi

Kisah pria Vietnam ini menyoroti pentingnya mencari pertolongan medis segera ketika dihadapkan dengan gangguan pendengaran mendadak.

Hal ini juga menjadi peringatan bagi orang lain untuk memperhatikan kebiasaan mandi mereka dan potensi bahaya menggunakan air dingin, terutama di malam hari karena dapat menyebabkan konsekuensi yang serius dan tidak dapat diubah bagi kesehatan seseorang.

Tahun lalu, Departemen Pengendalian Penyakit Thailand mengeluarkan peringatan bagi masyarakat untuk menghindari konsumsi daging babi mentah, karena 101 penduduk setempat di provinsi Isaan terinfeksi streptococcus suis yang mengakibatkan demam dan gangguan pendengaran di kalangan masyarakat Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.