Sukses

Punya Sejarah Panjang, Yuk Kenalan dengan Rajamala Sang Maskot ASEAN Para Games 2022

Liputan6.com, Jakarta Ajang olahraga disabilitas ASEAN Para Games 2022 tengah berlangsung. Seperti ajang-ajang olahraga lainnya, ASEAN Para Games juga memiliki maskot yang menjadi ciri dari acara Internasional ini.

Maskot ASEAN Para Games 2022 memiliki kaitan erat dengan kebudayaan Indonesia tepatnya kebudayaan Jawa Tengah. Pasalnya, ajang internasional ini digelar di Solo, Jawa Tengah.

Maskot itu bernama Rajamala, ia digambarkan sebagai tokoh pewayangan dengan kumis tebal, kulit merah, rambut panjang , atribut baju khas Jawa Tengah, dan mata melotot sebagai simbol kekuatan.

Rajamala memiliki makna kekuatan menolak bala atau aura negatif, mempresentasikan budaya Kota Solo, dan harapan agar ASEAN Para Games dapat berjalan lancar.

Dilihat dari asal-usul namanya, Rajamala diambol dari tokoh di kisah pewayangan Raden Rajamala. Ia adalah kesatria wirata zaman Prabu Matswapati.

“Ia merupakan sosok setengah manusia dan raksasa yang sakti tiada tanding,” mengutip Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin) Rabu (3/8/2022).

Sedangkan, Rajamala dalam sejarah Keraton Surakarta merupakan pusaka keraton berbentuk canthik (cucuk) atau kapal yang dibuat dari kayu hutan keramat Donoloyo pada masa Paku Buwana IV.

Awalnya, kapal ini digunakan untuk hilir mudik antara Solo dan Gresik. Pada masa Paku Buwana IV-IX kapal Rajamala ini digunakan untuk membawa bantuan ketika terjadi banjir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Simbol Kebesaran

Canthik Rajamala kemudian menjadi simbol kebesaran Keraton Surakarta. Latar belakang sejarah panjang itu kemudian dirangkum dalam maskot Rajamala yang mengiringi gelaran ASEAN Para Games 2022.

ASEAN Para Games kali ini dimulai pada 30 Juli dan akan berakhir pada 6 Agustus 2022. Ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni:

-Para atletik

-Para swimming

-Para tenis meja

-Para chess

-Para powerlifting

-Boccia

-Blind judo

-Goalball

-Wheelchair tenis

-Para archery

-CP football

-Sitting voleyball

Kegiatan ini diikuti 2.309 peserta yang terdiri dari 1.648 atlet dan 661 official dari 11 negara di Asia Tenggara. Dan akan digelar di 14 venue di seputar Kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

Pada Sabtu 30 Juli 2022, Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Wapres berharap ajang ini bisa mempererat hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kata Wapres

Dalam pembukaannya, Wapres mengucapkan selamat berjuang bagi para atlet disabilitas.

"Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif. Saya berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN.”

“Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh," kata Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidato pembukaan di Stadion Manahan Solo, Sabtu.

Usai menyampaikan pidato pembukaan, Wapres Ma'ruf membuka keris dan mengacungkannya ke langit untuk menandakan pembukaan ajang olahraga multievent tersebut.

Setelah selesai mengucapkan pidato pembukaan, maskot ASEAN Para Games 2022 Rajamala keluar dari cangkang teratai putih dan disambut dengan tepuk tangan para penonton.

"Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan. Para games merupakan sesuatu yang istimewa karena atlet para games adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya," ungkap Wapres.

4 dari 4 halaman

Momen Istimewa

Ma'ruf menambahkan, ajang ASEAN Para Games 2022 juga jadi momen istimewa karena atlet-atlet para games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.

"Saya ucapkan selamat datang di Indonesia, khususnya di Kota Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas negara dari kawasan Asia Tenggara," tambah Wapres.

Kota Surakarta, menurut Wapres, adalah kota yang kaya akan kebudayaan sekaligus menjadi rumah bagi Komite Paralimpiade Nasional Indonesia.

"Di kota inilah, Pekan Olahraga Nasional Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1948. Tahun ini, kota Surakarta menjadi tuan rumah ASEAN Para Games untuk kedua kalinya, setelah menyelenggarakan ASEAN Para Games ke-6 tahun 2011," tambah Ma'ruf.

Wapres pun menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Gubernur Jawa Tengah beserta seluruh jajaran, khususnya Wali Kota Surakarta, atas kerja keras yang telah dilakukan dalam mempersiapkan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.