Sukses

Meski Tak Bisa Lihat Cahaya, Guru Tunanetra Menerangi Masa Depan Anak-Anak di China

Lahir dari keluarga petani miskin di sebuah desa di Zhanji, ia menjadi tertarik pada sejarah saat remaja dan kemudian diterima di perguruan tinggi Shangqiu Normal University. Ia kini mengajar anak-anak di pedesaan

Liputan6.com, Jakarta Lu Wenjian, seorang guru sejarah yang tunanetra selalu bangun sebelum matahari terbit dan bersiap pergi ke sekolah tempatnya mengajar.

Dilansir dari CN News, Lu Wenjian mengajar di Sekolah Menengah Pertama Kota Zhanji di Kota Shangqiu, Provinsi Henan, Tiongkok tengah. Lu berusia 23 tahun ketika ia mengetahui bahwa ia kehilangan penglihatannya.

Lahir dari keluarga petani miskin di sebuah desa di Zhanji, ia menjadi tertarik pada sejarah saat remaja dan kemudian diterima di perguruan tinggi guru Shangqiu (sekarang namanya Shangqiu Normal University) pada usia 19 tahun. Setelah lulus, ia bekerja sebagai guru di sekolah setempat.

Saat baru mengajar, ia biasa begadang untuk mempersiapkan pelajaran. Namun di usia 23 tahun, ia menyadari dirinya kehilangan penglihatannya.

“Saat itu Oktober 1994. Setelah demam, suatu hari penglihatan saya tiba-tiba kabur dan saya tidak bisa melihat dengan jelas,” kenangnya.

Masalah dengan penglihatannya memburuk dan penglihatannya menjadi kabur. Ia kehilangan sebagian besar penglihatan di mata kirinya dan menderita retina yang terlepas yang akhirnya menyebabkan kebutaan di mata kanannya.

"Saat itu, para dokter menyuruh saya untuk berhenti mengajar, mengatakan bahwa jika saya terus menggunakan mata saya secara berlebihan, saya mungkin akan benar-benar buta. Diagnosis dan kegelapan di depan saya sepertinya mengakhiri karir saya," katanya.

Namun, reuni yang tepat waktu memberinya harapan. Mendengar keadaannya, pacar Lu, Zhang Jiuying, bergegas ke sisinya untuk menemaninya dan memberikan dukungan. Ia menawarkan untuk membacakan buku pelajaran sejarahnya keras-keras kepadanya untuk membantunya menghafal informasi dan mempersiapkan pelajaran. Mereka pun menikah setahun kemudian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutinitas menjadi guru tunanetra di pedesaan

Sambil memegang tongkatnya, ia berjalan di sepanjang jalan setapak yang sudah dikenalnya di sebelah ladang gandum. Postur tubuhnya bungkuk namun langkahnya cepat.

Beberapa jam kemudian, para siswa mulai memasuki kelas untuk membaca, dan Lu sudah menunggu mereka di sana. Ini adalah kebiasaan yang dikembangkan Lu, yang kini berusia 50 tahun, selama hampir tiga dekade mengajar.

"Meskipun kelas sejarah saya tidak pada jadwal pagi, saya juga datang lebih awal untuk itu, karena saya senang mendengar siswa membacakan bagian-bagian dari buku dengan keras," kata Lu.

Terkadang beberapa muridnya mengunjunginya di apartemennya. Tujuan mereka untuk mendorongnya terus mengajari mereka, dengan mengutip pengalaman Zhang Haidi, seorang penulis wanita, pengguna kursi roda dan ketua China Disabled Persons' Federation, yang pernah ia nasihatkan. "Bahkan dalam menghadapi kesulitan, teruslah bekerja," demikian nasihatnya.

“Sulit, tetapi saya mencoba untuk menyatukan diri untuk murid-murid saya,” kata Lu.

Untuk membantunya mempersiapkan pelajarannya, istri Lu membacakan bab-bab buku teks kata demi kata sampai ia bisa mengulanginya kembali padanya. Beberapa muridnya juga secara sukarela membacakan buku untuknya saat istirahat di antara kelas.

“Mengingat kondisi saya, pihak sekolah memberi saya izin khusus untuk tidak menulis RPP terlebih dahulu, tapi saya sudah memikirkan rencana itu. Saya selalu memilah-milah desain kelas terlebih dahulu, bagaimana awalnya, hingga cerita apa yang bisa dikutip dan bagaimana menyelesaikan kelas,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Kecintaannya mengajar sejarah

Melalui usahanya sendiri dan bantuan dari orang-orang di sekitarnya, Lu tidak hanya mampu menghafal setiap kata dalam buku pelajarannya, tetapi juga mampu menjadikan kelas sebagai panggungnya.

Di kelas, ia menyanyikan lagu-lagu yang disusun dari kisah-kisah tokoh sejarah dari buku pelajaran, bernyanyi mengikuti irama Kuaiban, alat musik bambu.

"Saya harus membuat kelas saya hidup dan menarik sehingga siswa akan mengikuti saya, karena saya tidak bisa mengamati reaksi mereka dengan mata saya," katanya.

Wang Ziwei, seorang siswa kelas sembilan, mengatakan bahwa kelas Lu menarik. "Di kelas, ia sering bercerita dengan ditemani oleh Kuaiban, bercanda dan bertanya kepada kami secara acak dengan membalik kartu remi, sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi."

Setelah kelas, ia bermain basket dengan murid-muridnya dan mengobrol dengan mereka. Ia juga berlatih kaligrafi di papan tulis.

Ia mengatakan bahwa lebih dari 4.000 siswa telah membaca buku untuknya. Di antara mereka adalah Yin Xiaoxiao, siswa kelas sembilan yang pernah menulis surat kepadanya.

"Meskipun penglihatan Anda buruk, Anda tidak menyerah mengajar. Dulu saya bertanya-tanya kekuatan seperti apa yang mendukungmu untuk melanjutkan karir mengajarmu, lalu Anda mengatakan bahwa sumber kekuatan adalah kami. Mata saya penuh air mata dan hati saya penuh rasa hormat. Anda mengajari kami bahwa kami tidak boleh menyerah bahkan ketika hidup ini kejam," tulis Yin.

Pada Maret 2021, istri Lu didiagnosis menderita kanker usus besar. Lu sejak itu bolak-balik antara rumah sakit dan sekolahnya. Tapi setiap kali muncul di depan murid-muridnya, ia menyembunyikan kelelahannya dan mengajar pelajaran dengan ceria seperti biasanya.

"Selalu ada jalan keluar dari masalah apa pun, jadi lebih baik menghadapinya secara positif," kata Lu, menyimpulkan filosofinya.

Tidak mampu melihat, namun mampu menerangi kehidupan murid-muridnya

Selama bertahun-tahun, ia telah menyumbangkan lebih dari 30.000 yuan (sekitar 4.714 dolar AS) untuk mensubsidi siswa dari keluarga dengan kesulitan keuangan. Ia juga selalu menghadiahkan "dream award," yang berkisar dari 5 yuan hingga 100 yuan, untuk menghargai siswa atas kemajuan mereka.

Beberapa muridnya telah diterima di universitas dan kelasnya telah memenangkan penghargaan dari berbagai tingkatan untuk kualitas pengajarannya.

Hari ini, selain bantuan sesekali dari siswa, persiapan kelas Lu difasilitasi oleh perangkat lunak berbicara.

"Para siswa saya yang membantu saya ketika saya dalam kesulitan, jadi saya ingin membalas budi mereka," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.