Sukses

Musik Bisa Membantu Orang yang Menderita Alzheimer

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan atau menyanyikan lagu dapat memberikan manfaat emosional dan perilaku bagi penderita penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

Menurut Mayo clinic, ingatan tentang musik lebih terpelihara pada orang yang menderita Alzheimer. Itu karena area otak utama yang terkait dengan memori musik relatif tidak rusak oleh penyakit tersebut.

Selain itu, musik juga dapat membantu menghilangkan stres, mengurangi kecemasan dan depresi, dan mengurangi agitasi.

Musik juga dapat bermanfaat bagi pengasuh pasien Alzheimer, karena selain mengurangi kecemasan dan diStress, meringankan suasana hati, juga membantu terhubung dengan orang dicintai yang memiliki penyakit Alzheimer, terutama mereka yang mengalami kesulitan berkomunikasi.

 

2 dari 4 halaman

Tips untuk Anda yang ingin menggunakan musik untuk membantu orang Alzheimer

1. Pilih musik berdasarkan preferensi orang tersebut. Jenis musik apa yang ia sukai? Musik apa yang membangkitkan kenangan saat-saat bahagia dalam hidupnya? Libatkan keluarga dan teman dengan meminta mereka menyarankan lagu atau membuat daftar putar.

2. Mengatur suasana hati. Untuk menenangkan orang yang menderita Alzheimer selama waktu makan atau rutinitas kebersihan pagi hari, putar musik atau nyanyikan lagu yang menenangkan. Jika Anda ingin meningkatkan suasana hati orang terkasih yang menderita Alzheimer, gunakan musik yang lebih bersemangat atau lebih cepat.

3. Hindari stimulasi berlebihan. Saat memutar musik, hilangkan kebisingan yang saling bersaing volumenya. Misal matikan TV, atau tutup pintu. Atur volume berdasarkan kemampuan pendengaran orang yang Anda cintai tersebut. Pilih musik yang tidak terganggu oleh iklan, yang dapat menyebabkan kebingungan.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Mensupport untuk ikut bergerak. Bantu ia untuk bertepuk tangan atau menghentakkan kaki mengikuti irama. Jika memungkinkan, cobalah berdansa bersamanya.

5. Menyanyi bersama. Bernyanyi bersama dengan musik bersama dengan orang terkasih dapat meningkatkan mood dan meningkatkan hubungan Anda. Beberapa penelitian awal juga menunjukkan fungsi memori musik berbeda dari jenis memori lainnya, dan bernyanyi dapat membantu merangsang memori unik.

6. Perhatikan responsnya. Jika ia tampak menikmati lagu-lagu tertentu, sering-seringlah memutarnya. Jika ternyata ia bereaksi negatif terhadap lagu atau jenis musik tertentu, pilih yang lain.

Ingatlah bahwa musik mungkin tidak memengaruhi status kognitif atau kualitas hidup orang terkasih Anda yang menderita Alzheimer. Sehingga penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami efek yang tepat dari musik dan penyakit Alzheimer sangat diperlukan.

4 dari 4 halaman

Waspadai Demensia Alzheimer!