Sukses

Semakin Memudahkan Difabel, iPad Kini Bisa Dikontrol Hanya dengan Mata

Liputan6.com, Jakarta Penyandang disabilitas kini idapat mengontrol iPad Apple hanya dengan menggunakan mata mereka.

Dilansir dari Disabilityscoop, Tobii Dynavox baru saja mengumumkan bahwa mereka meluncurkan perangkat tambahan berupa teknologi pelacakan mata ke iPad.

Aksesori Apple yang dikenal sebagai TD Pilot ini disertifikasi dan dipasang pada iPad standar untuk mengintegrasikan kemampuan pelacakan mata dengan mulus ke semua fitur khas tablet.

Selain itu, TD Pilot menyertakan TD Talk, aplikasi yang dikendalikan mata untuk menghasilkan ucapan, serta TD Snap, yang menawarkan simbol untuk dipilih pengguna agar dapat berkomunikasi.

 

2 dari 3 halaman

Dapat dipasang di kursi roda

TD Pilot menawarkan speaker yang kuat, extended baterai, desain yang sangat kokoh dan dapat dipasang ke kursi roda, kata Tobii Dynavox. Teknologi kontrol dengan mata bahkan bisa bekerja dalam cahaya di luar. Ada juga partener window di bagian belakang perangkat sehingga kata-kata yang ditulis menggunakan tatapan mata dapat dilihat oleh orang lain yang berkomunikasi dengan pengguna.

“Kami sangat senang bahwa orang yang membutuhkan teknologi ini akan memiliki kesempatan untuk mengontrol iPad hanya dengan menggunakan mata mereka,” kata Sarah Herrlinger, direktur senior kebijakan dan inisiatif aksesibilitas global Apple.

“Di Apple, kami membangun teknologi dasar, termasuk dukungan untuk pelacakan mata, ke dalam sistem operasi kami agar dapat diakses, dan kami senang bahwa TD Pilot Tobii Dynavox memanfaatkannya untuk memungkinkan penyandang disabilitas mengejar passion mereka,” tambahnya.

TD Pilot sendiri merupakan perangkat bersertifikat medis yang tersedia dengan resep dokter dan dapat dibayar oleh asuransi kesehatan.

Sementara Tobii Dynavox memiliki banyak penawaran panjang terkait teknologi eye-gaze melalui perangkat yang kompatibel dengan Windows, tetapi ini adalah serangan pertama perusahaan ke dalam produk Apple.

Perusahaan lain bernama Skyle juga menawarkan pelacakan mata untuk iPad.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas