Sukses

Wagub Ulum Ingin Kontingen Jabar Raih Juara Umum di Peparnas XVI 2021

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum menginginkan kontingen Jawa Barat meraih juara umum pada pekan paralimpik nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua 5 -15 November 2021.

Itu dikatakan oleh Ulum mengacu kepada kesuksesan PON XX lalu saat kontingen Jawa Barat menjadi juara umum. Ulum berharap kesuksesan serupa dapat diulang pada perhelatan olahraga atlet disabilitas.

"Sehingga Jabar dapat menyandingkan dua gelar juara umum PON dan Peparnas sekaligus," ujar Ulum dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Minggu, 7 November 2021.

 

2 dari 3 halaman

Atlet tidak perlu terbebani

Namun keinginan itu kata Ulum tidak harus menjadi beban seluruh atlet. Malahan sebut Ulum seluruh anggota kontingen harus dalam kondisi tenang namun tetap fokus.

Alasannya, Ulum menilai dalam kondisi tenang dan fokus, atlet dapat bertanding dengan jiwa yang lepas. Selain tingginya mental bertanding dan mental juara, serta mengedepankan sportivitas.

"Untuk juara umum ada peluang karena atlet yang hebat- hebat, namun harus tetap diberikan ketenangan, kenyamanan, karena di situ kemampuan akan keluar dengan natural," kata Ulum.

Sementara itu Wakil Ketua Chef de Mission (CdM) Kontingen Peparnas Jawa Barat Siska Gerfianti, para atlet mendapat pelayanan yang baik dari panitia penyelenggara setelah datang ke Papua sejak 2 November.

Hingga saat ini, otoritasnya bersama para atlet mencoba beradaptasi dengan lingkungan Papua, serta menyiapkan diri dengan melihat secara langsung kondisi venue. Siska optimis Jawa Barat mampu meraih juara umum seperti PON XX sebelumnya.

"Mulai tanggal 2 November disini atlet sudah mulai berlatih, manajer juga sudah berkumpul. Saya juga sudah berkeliling melihat latihan- latihan dari mulai tenis lapangan, catur, bola, dan renang, kita optimistis," jelas Siska

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19