Sukses

Jabar Raih 4 Medali Emas di Peparnas XVI Papua 2021

Liputan6.com, Bandung Sebanyak empat medali emas diraih kontingen Jawa Barat pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 hingga kini.

Dari seluruh medali emas yang terkumpul untuk kontingen Jawa Barat itu, dua diantaranya diraih oleh atlet Kota Bandung.

"Mudah-mudahan atlet Kota Bandung bisa terus berkontribusi untuk Jabar," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang datang di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu 6 November 2021.

Yana sempat memberikan dukungan langsung kepada atlet Kota Bandung, Mas Ari Sadewa yang menyabet medali emas di nomor atletik 1.500 meter klasifikasi T+54 (tuna rungu).

Medali emas yang diraih Mas Ari Sadewa merupakan medali pertama untuk Jawa Barat pada Peparnas XVI Papua 2021.

"Alhamdulillah atlet Kota Bandung menyumbangkan medali emas pertama untuk Jabar di Peparnas Papua 2021," kata Yana.

 

2 dari 4 halaman

Berkat pembinaan Dispora dan NPCI

Yana menuturkan konstannya prestasi atlet Kota Bandung ini berkat pembinaan berkelanjutan oleh Dispora bersama National Paralympic Committee National Paralympic of Indonesia (NPCI) Kota Bandung.

Pada pekan olahraga nasional disabilitas ini, atlet-atlet Kota Bandung diprediksi bisa menyumbangkan 48 medali emas, 28 perak, dan 11 perunggu.

"Mudah-mudahan bisa sesuai target," ucap Yana.

Sementara itu Ketua NPCI Kota Bandung Adik Fachroji mengungkapkan sebanyak 51 atlet, 19 pelatih, dan 3 manajer asal Kota Bandung masuk dalam kontingen Jawa Barat pada Peparnas 2021 Papua.

Jumlah tersebut sekitar 40 persen dari total kekuatan Jawa Barat.

"Alhamdulillah, atlet-atlet Kota Bandung memberikan kontribusi yang besar untuk Jabar. Kita optimis bisa meraih prestasi sesuai yang ditargetkan," sebut Adik.

Adik berharap para atlet Kota Bandung bisa terus berprestasi. Salah satunya di ajang Pekan Paralympic Daerah (Peparda) Jawa Barat yang digelar di Bekasi tahun 2022 mendatang.

 

3 dari 4 halaman

Menargetkan 137 medali emas

Kontingen Jawa Barat menargetkan 137 medali emas untuk bisa meraih gelar juara umum. Ketua Umum National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) Jawa Barat Supriatna Gumilar menjelaskan seluruh strategi telah dipersiapkan.

"Mudah- mudahan Allah SWT mengabulkan bahwa kami bisa menyandingkan kujang kembar di Tanah Papua," ucap Gumilar.

Gumilar mengaku para atlet dalam kondisi fit hingga saat ini.

Gumilar merinci bahwa kontingen Peparnas XVI Jabar adalah sebanyak 430 orang, terdiri dari 235 atlet, 90 orang pelatih, 12 manajer, dan sisanya merupakan tim kesehatan, ofisial, mekanik, dan terapis, serta tim pendukung lainnya.

"Alhamdulillah data- data sudah kita raih, statistik sudah dipetakan," tukas Gumilar.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19