Sukses

Ribuan Orang Hadiri Pembukaan Peparnas Papua

Liputan6.com, Jakarta Ribuan orang menghadiri pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). 

Seperti dimuat dari laman resmi Kominfo--InfoPublik, di dalam Stadion Mandala terdapat penonton sangat antusias menghadiri perhelatan ini. Dari mulai tribun timur, barat, dan utara nampak terisi penuh oleh masyarakat yang sebagian besar diisi oleh masyarakat sekitar di Papua.  

Para penonton yang antusias ini, terlihat menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Dari mulai memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di awal masuk ke dalam Stadion Mandala. 

Selama menyaksikan sajian hiburan, pihak panitia mengawasi dengan ketat aturan prokes yang diterapkan. Hal itu dapat diketahui dengan ditempatkannya petugas yang bertugas mengawasi penggunaan prokes. 

 

2 dari 4 halaman

Penampilan dari sejumlah artis

Diketahui, dalam pembukaan Peparnas kali ini sambutan akan diberikan pertama oleh Gubernur Papua atau selaku Ketua Umum Panitia Besar (PB) Peparnas Lukas Enembe, Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Senny Marbun, dan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. 

Hadir juga deretan musisi papan atas seperti Anggun, Mikhelia, dan Edo Kondologit. Selain itu artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku. Selain itu, tarian dari berbagai daerah akan ditampilkan. Daniel Mananta dan Tya Diran akan memandu rangkaian acara pembukaan Peparnas Papua.

 

3 dari 4 halaman

Atraksi 500 drone

Dalam upacara pembukaan juga dimeriahkan atraksi 500 drone yang akan menghiasi langit-langit di Bumi Cenderawasih. Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari Kalifornia dan Dubai. Sementara pilotnya didatangkan dari Eropa dan Singapura.

"Rangkaian kegiatan ini sekaligus menempatkan Jayapura sebagai salah satu kota elite dunia dalam upacara pembukaan. Semua yang ditampilkan tidak akan kalah dengan pembukaan Olimpiade Tokyo karena setidaknya ada 2.800 orang yang terlibat dalam agenda ini," kata Toton Hutomi dalam konferensi pers di Jayapura, Kamis (4/11/2021) lalu. 

Peparnas XVI Papua akan berlangsung hingga Sabtu (13/11) berlangsung di dua wilayah yakni Kabupaten dan Kota Jayapura dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 638 nomor.

Atlet yang mengikuti Peparnas XVI Papua sebanyak 1.985 atlet, dengan 740 ofisial.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Mudah Perlindungan Diri dan Sekitar dari Covid-19