Sukses

Anggun C Sasmi Siap Ramaikan Pembukaan Peparnas 2021 di Papua

Penyanyi Indonesia yang telah go international, Anggun Cipta Sasmi bersiap memeriahkan pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Indonesia yang telah go international, Anggun Cipta Sasmi bersiap memeriahkan pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di Papua.

Seperti para atlet dan ofisial, pelantun lagu Snow on The Sahara ini tiba di Papua pada 2 November.

“Halo semua, aku udah di Papua, terakhir ke sini namanya masih Irian Jaya jadi tahun 1900 sesuatu, sekarang lagi latihan untuk pembukaan Peparnas nanti tanggal 5 November, ditunggu,” katanya dalam unggahan reel Instagram @anggun_cipta, 2 November 2021.

Menuju tanggal 5, Anggun melakukan persiapan dan latihan di Stadion Mandala Jayapura.

Di unggahan berikutnya, ia juga membagikan beberapa foto kegiatan latihan menyanyi untuk ajang yang juga disebut Peparnas XVI. Dalam keterangan foto, istri dari fotografer asal Prancis Christian Kretschmar ini mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa kembali ke Papua dan memuji orang-orang Papua yang terkenal ramah.

“Senangnya bisa berada di Papua, yang jelas orang-orang Papua sangat ramah, baik hati dan murah senyum. Terima kasih untuk sambutan kalian.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Peparnas XVI

Peparnas 2021 atau Peparnas XVI Papua kali ini bertema Bangkit Satukan Tekad, Raih Kemenangan di Tanah Papua. Harapan di balik tema tersebut adalah, ajang Peparnas ini dapat menjadi titik awal semangat atlet disabilitas untuk meraih prestasi di pertandingan internasional.

Ada 12 lokasi pertandingan atau venue yang digunakan pada kegiatan Peparnas 2021. Kemudian ada 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Enam cabang olahraga akan dipertandingkan di Kota Jayapura dan enam lainnya dipertandingkan di Kabupaten Jayapura.

Cabang olahraga yang dimaksud yakni:

-Bulu tangkis

-Boccia

-Catur

-Judo

-Tenis lapang

-Sepak bola

-Angkat berat

-Atletik

-Menembak

-Panahan

-Renang

-Tenis meja

3 dari 4 halaman

Jumlah Atlet

Sedang, total atlet disabilitas yang akan bertanding di Peparnas 2021 sebanyak 1.985 orang. Atlet-atlet ini berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satu atlet peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020, Leani, juga akan ikut bertanding di Peparnas XVI Papua 2021.

“Atlet yang pernah turun di ajang Internasional dapat mengikuti Peparnas, tapi mereka hanya mendapat kesempatan berlaga pada satu nomor pertandingan saja,” mengutip unggahan Instagram @Konekindonesia, Jumat (22/10/2021).

Pada Peparnas XVI Papua 2021, Leani Ratri kabarnya akan ikut bertanding mewakili Provinsi Riau di nomor tunggal putri.

“Ajang Peparnas diharapkan menjadi awal pemicu semangat bagi teman-teman atlet disabilitas untuk bisa meraih prestasi di kancah Internasional.”

 

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.