Sukses

Menkes: Target Vaksinasi COVID-19 Penyandang Disabilitas di Jawa-Bali Sebanyak 225 Ribu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 ribu penyandang disabilitas yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menkes dalam sambutannya secara virtual di Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Penyandang Disabilitas-Sentra Vaksinasi Hippindo Kemenkop UKM.

Dalam kegiatan tersebut, Budi Gunadi mengungkapkan bahwa sebelumnya ia juga telah mengunjungi beberapa lokasi vaksinasi seperti di Sentra Vaksinasi Serviam dan Rumah Sakit Jiwa Bogor.

"Targetnya memang kita ingin sesegera mungkin bisa melakukan vaksinasi disabilitas terhadap 225 ribu sasaran di Jawa dan Bali," kata Budi Gunadi pada Jumat (9/7/2021).

2 dari 5 halaman

Prioritas di Jawa dan Bali

Menkes mengatakan, Jawa dan Bali menjadi prioritas untuk vaksinasi disabilitas karena termasuk zona merah COVID-19, dengan kenaikan kasus yang tinggi.

Budi Gunadi mengatakan bahwa sebagai bagian dari warga Indonesia, penyandang disabilitas memang memiliki keterbatasan untuk mengakses program vaksinasi COVID-19.

"Kementerian Kesehatan tanggal 16 April yang lalu sudah mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan untuk memasukkan kelompok disabilitas ini, sebagai kelompok yang prioritasnya sama dengan prioritas tenaga publik."

3 dari 5 halaman

Disabilitas dalam Prioritas Vaksinasi

Surat tersebut adalah SE Menkes No. HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Tenaga Pendidik, dan Tenaga Pendidikan.

"Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan prioritas vaksinasi yang lebih dahulu, sebelum masyarakat umum," kata Budi Gunadi.

4 dari 5 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini