Sukses

Lumpuh karena ALS, Teknologi Bantu Musisi Prancis Berkarya Lagi dengan Gerakan Mata

Tahun 2015, Guilhem Gallart didiagnosis menderita ALS yang membuatnya lumpuh dan sempat mundur dari dunia musik

Liputan6.com, Jakarta Guilhem Gallart atau lebih dikenal dengan nama Pone, memiliki penyakit saraf yang membuatnya harus lumpuh. Namun, kondisi itu tidak menghalanginya membuat musik dan menjadi musisi hip-hop.

Pria Prancis itu adalah pendiri grup rap Fonky Family. Dia didiagnosis amyotrophic lateral sclerosis (ALS) di tahun 2015. Penyakit saraf motorik ini adalah kondisi yang membuat lumpuh ilmuwan Stephen Hawking.

Sejak saat itu, pria yang saat ini berusia 40-an itu harus terus menerus berbaring di tempat tidur dan membutuhkan alat bantu hidup permanen.

Namun, dilansir dari France24, Selasa (22/6/2021), teknologi membantunya untuk membuat musik hanya dengan gerakan matanya.

Perangkat lunak yang digunakannya melacak gerakan matanya untuk meniru tetikus (mouse). Hal ini membuatnya mampu membuat dan menulis musik, serta berbicara dengan suara yang dihasilkan komputer.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Empat Tahun untuk Kembali Bermusik

Setelah jatuh sakit, butuh waktu sekitar empat tahun untuk Gallart benar-benar bisa kembali membuat musik.

"Bukannya saya tidak mau, tapi saya sibuk dengan hal lain seperti bertahan hidup," ujarnya.

"Saat momok kematian menghilang, sebagian besar berkat trakeotomi, saya menemukan kembali keinginan menulis musik, tetapi saya tidak berpikir itu mungkin hanya dengan mata saya," kata Gallart.

Namun, bantuan teknologi membuka segala kemungkinannya untuknya. Sang istri Wahiba mengatakan, dia telah menemukan Pone yang dikenalnya dahulu.

"Bahkan lebih kuat dari dirinya yang sebelumnya," kata Wahiba.

3 dari 4 halaman

Menelurkan Album untuk Berdonasi

Saat ini, Gallart menggunakan respirator buatan dan tinggal di rumahnya di Tarn, barat daya Prancis, bersama sang istri dan kedua putrinya.

Berkat bantuan teknologi, Pone baru-baru ini sudah menelurkan satu mini album yang berjudul "Listen and Donate." Di sini, ia mendapat dukungan dari salah satu penulis lagu Inggris favoritnya, Kate Bush.

Dengan karyanya, Gallart berharap agar dia bisa menggalang dana untuk organisasi Trakadom, yang membantu pasien kronis menerima perawatan di rumah sakit.

Di 2019, Gallart juga mengeluarkan sebuah album yang menandai kembalinya dirinya ke dunia musik berjudul "Kate & Me." Karya ini didedikasikannya untuk kecintaannya terhadap musik dari musisi Inggris, Kate Bush.

"Jika ada sebuah pesan... semuanya mungkin terjadi," kata Gallart.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.