Sukses

Remaja Disabilitas di Pekalongan dapat Motor Roda Tiga untuk Usaha dari Mensos Risma

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan Gading Ogi Saputra, seorang penyandang disabilitas fisik, modal usaha dan sepeda motor roda tiga elektrik sebagai kendaraan usaha untuk digunakan remaja 17 tahun.

Mensos Risma mengatakan bahwa Gading ingin membuka usaha lontong yang akan dibantu modalnya. Ia menyebut bahwa tahun ini, ada 490 motor roda tiga bagi penyandang disabilitas.

"Tadi sudah diserahkan bantuan motor roda tiga, alat dan permodalan," kata Mensos saat mengunjungi dan menyerahkan bantuan tersebut di Pekalongan pada Minggu kemarin.

"Banyak alat bantu bagi penyandang disabilitas karena disabilitas juga banyak ragamnya rungu dan netra, seperti tongkat dengan multisensor," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers di laman Kementerian Sosial pada Selasa (18/9/2021).

Gading sendiri sudah dua tahun berjualan makanan dan minuman ringan kemasan, dan berkeliling dengan sepeda roda tiga sederhana rakitannya. Ia berjualan dari pukul 4 sore hingga 11 malam di sekitar Alun-Alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

2 dari 4 halaman

Berjualan Keliling

Dalam keterangan Kemensos, Gading mengalami disabilitas fisik sejak lahir dan mengalami perlambatan perkembangan fisik. Kondisi ini membuat kedua kakinya tidak berfungsi dengan baik, sehingga harus berjalan merangkak dibantu kedua tangannya.

Saat ini, Gading memiliki lapak di rumahnya yang diberi nama Lapak Gading Berkah yang dikelola ayah dan ibunya karena ia memutuskan untuk meneruskan berjualan keliling.

Dalam sehari, Gading paling tidak berhasil mendapatkan uang hingga 500 ribu. Ia menghitung dan mencatat pendapatannya menggunakan gawai. Selain itu, dia juga membuat pencatatan apabila ada barang juala yang habis dan harus segera dibeli.

Gading mengatakan bahwa dirinya bercita-cita memiliki motor roda tiga elektrik. Hal ini sudah terwujud usai mendapatkan bantuan dari Kemensos.

3 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini