Sukses

Disabilitas Bukan Halangan bagi Daffa untuk Ibadah dan Bermain Musik Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Cita-cita besar untuk menjadi seorang musisi andal membuat Raihan Daffa Putra yang menyandang disleksia tetap semangat menjalani latihan musik selama Ramadan.

Remaja yang akrab disapa Daffa ini terdiagnosa risiko tinggi attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di umur 18 bulan. Kemudian, ia juga terdiagnosa Disleksia Disgraphia, Diskalkulia dengan penyerta ADHD saat berusia 6.5.

Akibat disabilitas tersebut, remaja usia 17 ini memiliki kesulitan dalam kegiatan membaca, menulis, berhitung, fokus atau konsentrasi, dan daya ingat.

Hal tersebut tidak membuat Daffa berhenti untuk mengejar cita-cita menjadi musisi. Hal ini dibuktikan dengan semangatnya dalam menjalani berbagai latihan.

Menurut Ketua Umum Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI), Yenni Darmawanti, SE, di bulan Ramadan ini kegiatan Daffa adalah les drum, latihan drum di rumah, les piano, dan latihan piano di rumah. 

“Semua kegiatan tersebut berjalan tanpa kendala karena kegiatannya berkaitan dengan minatnya di musik,” kata Yenni dalam keterangan pers yang dibagikan kepada kanal Disabilitas Liputan6.com, Selasa (27/4/2021).

Ia menambahkan, remaja asal Surabaya, Jawa Timur itu sudah berpuasa sejak usia 4 dan di usia 7 sudah mulai puasa selama 1 bulan penuh. Selain puasa, salat 5 waktu pun tidak pernah ditinggalkan, termasuk mengaji dan salat tarawih.

2 dari 4 halaman

Prestasi Daffa

Kerja keras Daffa dalam berlatih musik membawanya pada berbagai pencapaian. Prestasi-prestasi yang diukir melalui kemampuannya dalam bermain drum membuat ia berhasil masuk ke sekolah yang diinginkan.

“Alhamdulillah dengan berbekal kemampuan bermain drum menjadi prestasi yang membuat Daffa bisa meraih satu persatu mimpinya, yaitu tahun 2020 Daffa sudah resmi diterima bersekolah di SMKN 12 Surabaya, Jurusan Seni Musik Klasik, melalui jalur bakat prestasi,” kata Yenni yang mendapat informasi dari ibu Daffa.

Selain berhasil masuk ke sekolah yang diinginkan, Daffa juga meraih berbagai prestasi lain yakni:

-Juara harapan 2 kompetisi drum di Tangerang, Banten pada 2019.

-Juara 2, kompetisi drum di Surabaya pada 2019.

-Mendapat penghargaan atas prestasi Juara 2 perfectone kompetisi drum yang diberikan oleh SMP Lab School, Surabaya, dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini