Sukses

Manfaat Seni bagi Penyandang Disabilitas (1)

Liputan6.com, Jakarta Seni tak hanya mampu menghibur banyak orang, melainkan juga memiliki beberapa manfaat, terutama bagi penyandang disabilitas. 

Dilansir dari disabilityhorizons.com, bergabung dalam grup kesenian dapat membangun rasa percaya diri dan keterampilan.

"Menjadi pelaku seni dapat memberimu kesempatan untuk mengumpulkan kemampuan baru, melihat sesuatu dari persfektif lain, membangun percaya diri dan menemui orang-orang dengan pemikiran yang sama," tulis Disability Horizons.

Kegiatan seni yang dapat dilakukan diantaranya:

Kelas menari inklusif

Menari adalah salah satu bentuk seni yang paling ekspresif. Berbagai jenis tarian dari tarian tradisional, modern, hingga tari campuran dapat dilakukan penyandang disabilitas.

Menari juga dapat membantu kebugaran tubuh, menjaga berat badan, menjaga mobilitas, dan membangun aktivitas sosial yang baik antar penari.

2 dari 3 halaman

Drama dan Seni Lukis

Grup drama untuk difabel

Dunia drama dan teater juga dapat dicoba. Penyandang disabilitas dapat melakukan kerjasama dengan non-disabilitas untuk membuat sebuah drama yang hebat.

Dengan melakukan drama yang disukai, penyandang disabilitas dapat merasakan pengalaman tampil di depan umum. Hal ini baik untuk menjaga percaya diri. Kerjasama antar pemain juga dapat dihitung sebagai pembelajaran bersosialisasi.

Menggambar dan melukis

Ada banyak keuntungan terapis dalam kegiatan menggambar dan melukis. Melakukan kegiatan melukis atau menggambar tidak akan membuat penyandang disabilitas harus mengeluarkan banyak uang. Kegiatan ini dapat dilakukan secara sederhana di rumah dengan menggunakan buku gambar atau pensil warna saja.

Namun, melakukan kegiatan ini secara bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan. Penyandang disabilitas dapat membuat grup menggambar dan saling bersosialisai satu sama lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi MUA Profesional, Gadis Difabel Ini Menginspirasi Banyak Orang
Artikel Selanjutnya
Unik, Begini Cara Penyandang Tuli Beri Nama Isyarat untuk Teman Dengar