Sukses

HEADLINE HARI INI:ELITE PARPOL DI PELANTIKAN PRESIDEN 2019, TAK SEKADAR MENYEJUKKAN TAPI MEREKATKAN

Portugal Raih Gelar Destinasi Paling Ramah Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta - Traveling seru dan menyenangkan dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk mereka para penyandang disabilitas dan yang berkebutuhan khusus. Terkait hal itu, baru-baru ini Portugal berhasil menyabet sebuah penghargaan Accessible Tourist Destination 2019.

Dilansir dari Lonely Planet, Rabu (18/9/2019), penghargaan tersebut diterima Portugal dari World Tourism Organisation dalam kemitraan dengan Once Foundation. Gelar ini sekaligus mengukuhkan Portugal sebagai destinasi yang paling ramah disabilitas di dunia.

Negara asal pemain bola Cristiano Ronaldo itu diketahui memiliki beragam upaya untuk mempromosikan aksesibilitas pariwisata. Hal tersebut menjadikan Portugal jadi negara yang bisa diakses oleh semua orang yang telah menjadi prioritas oleh pemerintah negara ini.

Sebuah program bernama All for All Programme diluncurkan pada 2016 untuk memberdayakan sektor pariwisata, membantu menciptakan dan mempromosikan rencana perjalanan yang bisa diakses di seluruh negeri. Tujuannya untuk menjadikan tujuan yang inklusif bagi semua wisatawan.

Ada pasar 90 juta wisatawan dengan kebutuhan mobilitas khusus di Eropa. Penghargaan ini menyoroti kepemimpinan Portugal dalam hal aksesibilitas untuk semua orang.

2 dari 3 halaman

Beragam Program Pendukung

Sebagai bagian dari program yang dilaksanakan, beragam inisiatif dikembangkan. Sebut saja mulai dari peta jalan yang dapat diakses di Visit Portugal dan panduan praktik yang baik untuk sektor pariwisata.

Jalur pembiayaan khusus diluncurkan untuk mendukung proyek aksesibilitas dalam pariwisata. Ada 116 proyek yang telah menerima dukungan hingga saat ini.

Selain program "Accessible Beach", Portugal juga meluncurkan program "Festivals + Accessible". Ini bertujuan untuk mengenal acara yang menghadirkan kondisi aksesibilitas untuk orang dengan kebutuhan khusus, termasuk wanita hamil, manula, pengguna kursi roda, dan tunanetra.

Ada pula portal pencarian web dan aplikasi bernama Tur4All yang juga telah dirilis. Portal ini menyediakan informasi mengenai hotel, restoran, dan penawaran budaya untuk orang-orang dengan kebutuhan mobilitas spesifik di Portugal dan Spanyol.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2020: Ukraina Lolos, Prancis Imbang
Artikel Selanjutnya
Santos Kurang Puas Timnas Portugal Hanya Menang 3-0 Lawan Luksemburg